Beranda >

Berita > IPAL di Sindangsari Masuk IPAL Percontohan Nasional


29 Juni 2015

IPAL di Sindangsari Masuk IPAL Percontohan Nasional

Senin (29/6), Walikota Bogor, Bima Arya memonitoring Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) MCK Komunal yang menjadi bagian program SANIMAS di kelurahan Sindangsari. Pembangunan IPAL dan MCK komunal berlangsung selama 100 hari ini berlangsung tahun 2013 Oktober- Januari 2014, dan sudah menghasilkan satu gas ramah lingkungan yang digunakan untuk masak di kediaman salah satu warga bernama Nining.

"Alhamdulilah, bisa dikunjungi Pak Bima, mudah-mudahan program IPAL ini bisa terus berlangsung dan banyak warga yang memakai," kata Nining. Menurut Nining, banyak manfaat yang dirasakan dari program IPAL ini, terutama mengurangi biaya gas. "Juga kualitas api lebih bagus, tidak mudah meledak dan lebih aman, masakanpun terlihat lebih sedap," cerita Nining.

Menurut Camat Bogor Timur, Sudjatmiko, ada empat IPAL di Bogor Timur, namun hanya di Sindangsari yang berjalan dengan baik. "Bahkan hasil dari penilaian provinsi, IPAL Sindangsari terpilih menjadi 7 besar percontohan IPAL nasional," ujarnya. ( Ijal/ARW)