Beranda >

Berita > Kominfo Segera Terapkan Eksotik


30 Juni 2015

Kominfo Segera Terapkan Eksotik

Untuk memonitoring realisasi kegiatan, mengecek progres implementasi smart city dan persiapan Peraturan Daerah (Perda), Walikota Bogor Bima Arya kunjungi Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor, Selasa (30/6). Bima diiterima Kepala Kantor Kominfo Kota Bogor Asep Zaenal Rahmat yang didampingi segenap Kabid dan Kasubid.

“Data yang diterima di awal, realisasi anggaran sampai saat ini di Kota Bogor baru mencapai 12%. Harus dikaji apa yang menjadi penyebab hal ini, apakah kegiatan gagal, lelang tidak berjala atau dikarenakan hal lain,” ujarnya. Monitoring ini lanjutnya dilakukan agar segera dilakukan percepatan realisasi kegiatan sehingga tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun.

Bima juga meminta Kominfo agar memaksimalkan koneksivitas cctv yang terpasang di berbagai lokasi, khususnya di sekitar Stasiun Bogor, agar bisa langsung dapat dipantau di Bogor Green Room (BGR).

kominfo12_1

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa saat ini pihak Kominfo Kota Bogor sedang dalam tahap mengembangkan Eksotik. Eksotik adalah dashboard pemerintah yang berisi indikator ekonomi, sosial dan politik dengan penyediaan data informasi secara real time dan valid. Lewat media visualisasi data ini pimpinan daerah bisa mengambil kebijakan, misalnya terkait harga bahan pokok di pasaran.  

“Saat ini sudah tahap penetapan hasil lelang, sehingga tahun ini sudah bisa ada,” ungkap Achmad Sandy., Kasi Aplikasi pada Kantor Kominfo Bogor. Dashboard ini selain mendukung proses pengambilan kebijakan pemerintah daerah, juga antara lain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, transparansi informasi,  dan menciptakan masyarakat berbasis informasi yang berkualitas.

Terakhir juga dibahas mengenai rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Jaringan Telekomunikasi. Perda ini nantinya berperan untuk merapikan jaringan di wilayah Kota Bogor. Setelah berkunjung ke Kominfo, Bima langsung menuju Botani Square untuk membuka Bogor Fashion Food Festival (BF3). (Cikal - magang)