Beranda >

Berita > Bima; Global Halal Centre Sebagai Destinasi Rekresiasi dan Edukasi


30 Juni 2015

Bima; Global Halal Centre Sebagai Destinasi Rekresiasi dan Edukasi

Berlokasi di Ruang Serba Guna Global Halal Centre, LPPOM MUI Kota Bogor menggelar acara buka bersama dan silaturahmi Walikota Bogor dengan ormas Islam, pada Selasa(30/6). Tidak kurang dari 20 ormas Islam yang ada di Kota Bogor hadir dalam acara tersebut. Diawal acara, KH. Muhyidin Junaedi dari MUI Pusat hadir sebagai salah satu nara sumber yang memaparkan pentingnya kehalalan suatu produk yang dikonsumsi oleh warga Kota Bogor terutama di bulan Ramadhan.

Selain Muhyidin Djunaedi dari MUI Pusat, juga hadir Direktur LPPOM MUI Dr.Lukmanul Hakim, Ketua MUI Jawa Barat Prof.Dr.H. Rachmat Syafei, Direktur LPPOM MUI Jawa Barat Prof.Dr.H. O Suprijana,MSc dan Ketua MUI Kota Bogor KH.Adam Ibrahim serta perwakilan dinas-dinas Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Lukmanul Hakim mengatakan 80 % auditor di Global Halal Centre adalah dosen IPB. "Eksistensi kami berusaha menjadikan kota bogor sebagai perubahan di dunia  dalam pusat kehalalan pangan dan produk. Insya Allah tahun September - Oktober di Kota Bogor akan ada pelatihan dalam bidang kehalalan yang diikuti perwakilan dari negara-negara lain. Semoga hal tersebut menjadikan Kota Bogor menjadi pusat referensi halal dunia, untuk itu langkah pertama kami adalah mendukung terwujudnya Kota Bogor sebagai Kota Halal," katanya.

smarty112

Lukmanul menambahkan sebanyak 270 ribu produk telah disertifikasi oleh Global Halal Centre dan telah menerbitkan 7 buku referensi standar rujukan kehalalan yang di keluarkan MUI dan telah banyak digunakan oleh negara-negara lain.

Sedangkan Ketua MUI Jawa Bara, Rachmat Syafei mengatakan keberadaan Global Halal Centre merupakan satu kebanggaan. "Halal dan haram berkaitan erat dengan akidah," kata Rachmat.

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan keberadaan Global Halal Centre memperkuat konsep kota halal yang tengah dicanangkan kota Bogor. "Kota halal adalah semangat yang telah di canangkan walikota sebelumnya. Kewajiban saya adalah untuk menjaga semangat itu. Kita betul-betul ingin membentuk umat yang akhlakul kharimah dan Pemerintah Kota Bogor senantiasa berikhtiar membangun kondisi yang kondusif selama Ramadhan," kata Bima.

Terkait Global Halal Centre Bima menegaskan satu visi dengan direktur LPPOM dan berharap agar gedung Global Halal Centre menjadi gedung favorit destination sebagai rekreasi dan edukasi. "Jadi tidak hanya Kebun Raya Bogor dan Istana. Kedua, secara strategi GHC  wadah membangun kesejahteraan warga.Insya Allah bulan depan akan dibangun halal Food Centre di Sempur," cetus Bima.

Terkait smart city, Bima mengajak LPPOM Kota Bogor agar mampu memanfaatkan teknologi bagi masyarakat Kota Bogor untuk mengakses kemudahan kehalalan produk melalui Smart phone atau gadget. (rahmat/met) editor; ARW