Beranda >

Berita > Bima Sampaikan Konsep Bogor Green City di Jepang


29 Juli 2015

Bima Sampaikan Konsep Bogor Green City di Jepang

Walikota Bogor Bima Arya bertolak ke Yokohama, Jepang memenuhi undangan The International Forum for Sustainable Asia & The Pacific (ISAP) 2015 pada 27-29 Juli 2015. Dalam event internasional yang digagas National Institute for Environmental Studies (NIES) Jepang tersebut, akan mempertemukan para pemimpin lembaga negara & pemerintah kota, perwakilan dan ahli lingkungan hidup di seluruh wilayah Asia dan Pasifik, untuk berdiskusi, merancang action plan  dan melaksanakan kegiatan aksi green city, rendah karbon dan ramah lingkungan, termasuk memberikan bantuan kepada beberapa kota dalam mewujudkan aksi tersebut.

Mendampingi Bima Arya dalam event tersebut diantaranya Kepala Bappeda Kota Bogor Suharto, dan Kabag Kerjasama Setdakot Bogor Dinar Dahlia Nalan,Kasubid Kerjasama Luar Negeri pada Bagian Kerjasama Setdakot Bogor Rudiyana, serta Kasubid Pengendalian Pencemaran Lingkungan pada BPLH Kota Bogor Shinta Juwita. Turut hadir pula delegasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Kehadiran Bima bersama rombongan dalam forum tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan bantuan pembangunan lingkungan hidup di Kota Bogor.

Sesuai agenda, Walikota Bogor Bima Arya berkesempatan menyampaikan konsep Bogor Green City yang sekaligus membuka secara resmi salah satu Plenary Sessions. Dalam Plenary Session sendiri, Pemkot Bogor dipercaya untuk menyampaikan konsep rencana pembangunan lingkungan hidup dengan tema Promoting Mitigation Action Through Measuring, Reporting and Verification (MVR) System.

NIES adalah lembaga independen dibawah Kementerian Lingkungan Hidup Jepang yang berkecimpungan dalam penelitian dan pendanaan lingkungan hidup. Dengan Akimasa Sumi selaku Presiden dari NIES, lembaga ini bekerjasama dengan dunia usaha di Jepang memberikan bantuan di bidang lingkungan hidup kepada sejumlah pihak baik di Jepang maupun internasional.( Tim Humas )