Beranda >

Berita > Ramadhan Ajarkan Kesalehan Pribadi dan Sosial


29 Juli 2015

Ramadhan Ajarkan Kesalehan Pribadi dan Sosial

Rabu (29/7), Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan acara Halal bi Halal 1436 H dan acara silaturahim seluruh civitas IPB di Graha Widya Wisuda (GWW). Acara dimulai dengan saling bersalaman antar warga IPB dan dihadiri oleh ratusan civitas akademika IPB. Halalbihalal tahun ini mengangkat tema "Rekatkan Hati Menuju Harmoni".

Pada kesempatan itu, rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof.Dr Herry Suhardiyanto menyampaikan bulan ramadhan telah mendorong ummat Islam untuk meningkatakan kualitas ibadah, "Kita telah berupaya menuaikan ibadah puasa, karena iman dan telah dan dengan mengihklasan ketaatan kepada Allah SWT semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bertaq’wa," harap Herry.

Ramadhan juga lanjut Herry penuh dengan pesan etika kesalehan sosial yang sangat tinggi, seperti kedisiplin, kejujuran, kesabaran, solidaritas kesetian menolong sesama termasuk menyantuni anak-anak yatim piatu dan fakir miskin. "Ramadhan telah mengajarkan nilai-nilai kesalehan individu dan kesalehan sosial," tegasnya.

Untuk itu, Hery menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada seluruh warga IPB yang telah berpartisipasi dalam kegiatan santunan kepada anak yatim piatu di desa-desa lingkar kampus dan keluarga IPB pada bulan ramadhan lalu. Seperti diketahui, IPB telah memberikan santunan kepada 1.200 orang anak yatim yang terdiri dari 1.020 orang anak yatim yang berasal dari 17 desa lingkar kampus dan 180 orang anak yatim tenaga pendidikan kita yang juga memerlukan kasih sayang dan perhatian dari kita. 

"Semoga santunan yang diberikan memberikan manfaat bagi anak-anak kita itu dan semoga Allah SWT memberikan balasan pahala berlipat ganda atas apa yang kita berikan," harap Herry. Halal bihalal Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan ceramah disampaikan Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA.(Ismet) editor Arw