Beranda >

Berita > Bulan Penimbangan Balita Siap Digelar Sepanjang Agustus Mendatang


30 Juli 2015

Bulan Penimbangan Balita Siap Digelar Sepanjang Agustus Mendatang

95 ribu balita menjadi target pelaksanaan bulan penimbangan balita yang akan digelar selama Agustus 2015 mendatang di 960 Posyandu di Kota Bogor.  Kegiatan ini akan melibatkan 5.600 kader di Kota Bogor. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah ketika ditemui usai Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan bulan penimbangan balita tingkat Kota Bogor tahun 2015.

Rakor yang berlangsung di Ruang Rapat I Balaikota Bogor Kamis (30/7) dibuka oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman dan diikuti para Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, dan dinas instansi terkait lainnya.

Menurut Rubaeah persiapan diperlukan terutama untuk menggiring sasaran supaya bisa mencapai target sebesar 100 persen, sehingga tidak balita yang tertinggal perkembangannya.  “Kondisi balita gizi buruk di Kota Bogor sebesar 0,1 persen dari 95 ribu balita atau sekitar 60 anak. Kita tetap mengintervensinya dengan memberikan makanan tambahan dan penyuluhan kepada orang tuanya untuk memberikan asupan bergizi terhadap anak tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Adrian mengharapkan kegiatan ini menjadi sebuah gebyar di Posyandu. “Kegiatan bulan penimbangan balita ini adalah evaluasi selama 1 tahun, artinya memang bulan Agusutus ini menjadi sebuah gebyar selama 1 tahun kedepan,” katanya.

Terkait dengan Corporate Social Responsibility (CSR) pihak swasta, Yane mengatakan bahwa keterlibatannya dikoordinasikan langsung dengan pihak wilayah  sehingga kendala-kendala yang ada dalam penimbangan bayi maupun kebutuhan Posyandu bisa tertutupi. Terakhir, Yane berharap kegiatan ini lebih diarahkan untuk pembinaan masyarakat ke bawah untuk menggiring masyarakat datang ke Posyandu. (Met/Gus/Cikal) dkw