Beranda >

Berita > Rubaeah : Tumbuh Kembang Balita Harus Jadi Prioritas


30 Juli 2015

Rubaeah : Tumbuh Kembang Balita Harus Jadi Prioritas

Dalam sosialisasi persiapan Bulan Penimbangan Balita di Ruang Rapat I pada Kamis (30/07), disebutkan bahwa kesehatan balita menjadi salah satu tolak ukur dan prioritas yang harus segera ditangani. Hal ini mengingat setiap balita wajib dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. “Kesehatan balita sangat ditentukan dari status gizinya. Khususnya pada 1000 hari pertama kehidupan perlu dilakukan pengecekan terhadap balita. Bila pada periode emas ini terjadi kurangnya asupan makanan dapat mengakibatkan  kondisi kesehatan dan otak balita kurang maksimal," kata Rubaeah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Permasalahan pada balita juga terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pola pengasuhan balita. Seperti ketidaktahuan ibu menyusui mengenai pentingnya ASI murni sebagai makanan terbaik bagi bayi yang mengakibatkan balita mengalami gizi buruk.

Permasalahan tersebut juga yang melatarbelakangi Gerakan Bulan Penimbangan Balita setiap tahunnya di seluruh Posyandu di Kota Bogor. “Penimbangan balita yang dilakukan secara rutin di Posyandu belum dapat menjaring semua balita yang ada. Sehingga dibutuhkan gerakan bulan penimbangan balita agar mencapai penimbangan 100%  balita. Gerakan BPB bisa dilanjutkan secara rutin bukan hanya di bulan agustus saja, tetapi setiap bulannya," kata Rubaeah.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua TP PKK Kota Bogor Yanne Ardian dan Kepala Bidang Pembinaan Kehidupan Keluarga pada Dinkes Kota Bogor Sri Pinantari Hanum menjadi narasumber. Sosialisasi diikuti Camat se Kota Bogor, Dinas terkait, kader PKK dan Puskesmas se Kota Bogor. Gerakan BPB bertujuan untuk mendapatkan data yang mutakhir tentang jumlah balita menurut kelompok umur untuk mendapatkan gambaran status gizi 100% balita termasuk balita gizi buruk dan penanggulangannya. Antara lain lewat pemberian kapsul vitamin a dosis tinggi sehingga mencegah kebutaan pada anak. (Cikal/Ismet/Agus)