Beranda >

Berita > Kelurahan Genteng Akan Bangun TPS


31 Juli 2015

Kelurahan Genteng Akan Bangun TPS

Percakapan Lurah Genteng Ahmad Royani dengan warga menyangkut penanganan persampahan di Kelurahan Genteng mendapat respon positif. Hal itu tidak terlepas dari keprihatinan warga Kelurahan Genteng karena ketidaktersediaan tempat pembuangan sampah yang representatif untuk warga sekitar.Kondisi ini mengakibatkan sebagian warga membuang sampahnya pada pengolahan sampah yang ada di kelurahan lain.

Ketidaktersediaannya TPS ini menggerakan hati Odang, salah seorang warga Kelurahan Genteng, Odang yang juga Ketua Kelompok Sosial Masyarakat, menghibahkan sebidang tanah untuk dijadikan lokasi tempat pembuangan sampah. "Saya sangat berterima kasih apalagi tanah yang dihibahkan cukup luas, sekitar 200 meter persegi. Kalau itu belum cukup, beliau mempersilakan menggunakan tanah disekitarnya. Selain menghibahkan tanah, beliau juga mengizinkan kami untuk menggunakan mobil bak miliknya untuk mengangkut sampah apabila TPS nya sudah jadi," ujar Lurah yang pernah berdinas di BKKBN dan Dinas Kesehatan Kota Bogor tersebut.

Untuk mendukung pembangunan TPS tersebut, dinas terkait dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor akan memberikan bantuan anggaran sejumlah Rp. 500 juta untuk pembangunan gedung TPS dan bank sampah. "Insya Allah, Agustus 2015 dana sudah kami terima. Untuk pembangunan gedung, akan dilakukan pihak ketiga dalam hal ini warga Kelurahan Genteng sendiri. Semoga Agustus atau September akan rampung," tegas Ahmad.

Dengan dibangunnya TPS dan bank sampah ini, Ahmad Royani mengharapkan akan lebih banyak pihak-pihak di wilayah lain yang ikut tergerak memberikan bantuan, tidak hanya di Kelurahan Genteng saja. "Semoga pemerintah daerah atau pusat dapat memberikan bantuan dan dukungan yang lebih agar dapat memotivasi dan menginspirasi masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya," harapnya.

Sejak menjabat lurah 19 bulan lalu, Ahmad Royani bersama warga Kelurahan Genteng telah sering berkontribusi bagi wilayahnya. Ditahun 2014 dalam bidang pendidikan, mereka bersama-sama mendirikan PAUD Harapan Bunda atau yang tenar disebut PAUD “Si Bontot” dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Tahun 2015 dilakukan pengecoran beberapa jalan setapak dengan dana swadaya masyarakat, drainase dan perbaikan jembatan penghubung antara RW 05 dan RW10. Khusus menyambut HUT RI 2015 nanti akan diadakan perlombaan yang bertemakan kebersihan lingkungan. (rahmat) editor Mor