Beranda >

Berita > 755 Mahasiswa Universitas Pakuan Siap Ikuti KKN


31 Juli 2015

755 Mahasiswa Universitas Pakuan Siap Ikuti KKN

Sebanyak 755 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) secara resmi dilepas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka  akan disebar di 18 kecamatan dan 100 desa di wilayah yang ada di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Nantinya para peserta empat wilayah tersebut. Pelepasan dilakukan dihalaman dalam Kampus Universitas Pakuan Bogor, Jum'at (31/7).

Acara pelepasan dihadiri oleh Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini, Walikota Bogor Bima Arya, Menteri Koperasi Indonesia Kabinet Pembangunan periode 1993-1998Subiakto Tjakrawerdaya selaku Sekretaris Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) dan perwakilan universitas lainnya.

Ketua panitiaNedin Badruzaman  menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah membumikan calon sarjana agar memasyarakat. "Membantu memberdayakan masyarakat agar dapat meningkatkan IPM dan SDM, mencerdaskan masyarakat pedesaan, menghasilkan sarjana unggul, mandiri dan berkarakter disamping mengenalkan pentingnya pendidikan bagi masyarakat. Selain itu juga dalam rangka membantu pemerintah melanjutkan program pemberantasan buta aksara," kata Nedin.

unpak12

Tidak lupa Nedin menegaskan para peserta untuk fokus pada pendidikan dengan membentuk PAUD baru bagi wilayah yang belum memiliki, membantu kegiatan PAUD yang sudah ada, mendata anak putus sekolah dan PKB paket ABC, mengadakan pelatihan penelitian tindakan kelas dan  meningkatkan pembinaan posdaya yang sudah ada.

Sementara itu Sekretaris Yayasan DamandiriSubiyakto Cakrawerdaya menyampaikan KKN tematik ini bertujuan mencerdaskan bangsa, apalagi dengan melihat mayoritas kondisi keluarga yang ada di Indonesia yang masih prasejahtera, ditambah kondisi ekonomi yang kurang bagus  dan persaingan global. “Kaitan hal tersebut, keluarga prasejahtera harus ditingkatkan kecerdasan dan produktivitasnya hingga menciptakan hasil yang meningkat dan dapat bersaing dengan negara lain. Dengan kerjasama  kita mampu menghadapi persaingan global, karena kerjasama adalah jatidiri bangsa indonesia. Kita dorong masyarakat untuk bekerjasama meningkatkan kecerdasan dan produktivitas," ujar Subiakto.

Hal senada diutarakan Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini. "Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah dan semangat bagi kalian, dalam rangka memberdayakan dan mencerdaskan masyarakat agar mereka bangkit secara perekonomian maupun bidang lainnya menuju Indonesia yang berjaya dan makmur," kata Bibin.

Jumlah 755 peserta KKN terdiri dari Prodi Bahasa Inggris berjumlah 144 orang, Bahasa Indonesia 104 orang, Biologi 88 orang dan PGSD berjumlah 418 orang. Pelepasan diakhiri dengan penyematan jas almamater kepada 4 perwakilan mahasiswa kemudian dirangkai dengan penghargaan bagi masyarakat posdaya binaan Universitas Pakuan yang telah berhasil.(rahmat/lulu/reffi/ foto:gus) dkw