Beranda >

Berita > Mahasiswa Unpak Siap Mengabdi Untuk Masyarakat


31 Juli 2015

Mahasiswa Unpak Siap Mengabdi Untuk Masyarakat

Jum’at (31/7) Universitas Pakuan menggelar penglepasan mahasiswa/i  peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) periode 2015. Program ini diikuti oleh 755 orang mahasiswa/i semester 6, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan program studi keahlian masing-masing seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mereka akan disebar ke berbagai daerah yang ada disekitar Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Seperti dirangkum dari penuturan beberapa orang peserta, mereka mengaku sangat siap terjun langsung ke lapangan. Khususnya untuk menunaikan kewajiban mereka sebagai mahasiswa dengan berasaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga yang berbunyi Pengabdian Kepada Masyarakat. “Tentunya dalam menghadapi KKN ini hal yang harus dipersiapkan sudah pasti fisik dan mental kita, selain menyiapkan kebutuhan lainnya untuk bekal kita mendedikasikan ilmu yang kita punya kepada para warga,” ungkap Devi salah satu peserta KKN, menjelaskan kesiapannya.

kknunpak112

“Empat pilar yang difokuskan dari program ini yaitu Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi dan Kesehatan. Program seperti ini harus dipertahankan karena banyak bermanfaat untuk memajukan dan meningkatkan kualitas hidup para warga yang ada disana” tutur Shara seusai acara dibubarkan.

Peserta lainnya, Dicky mengaku siap mengelola PAUD di lokasi binaan nanti. “Jika kondisi disana belum ada PAUD maka kita harus membuat PAUD dan memajukannya karena itu bagian dari prioritas kita. Terlebih saya mengambil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)”  papar Dicky menjelaskan kontribusinya nanti.

Walikota Bogor Bima Arya yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan KKN adalah moment blusukan bagi mahasiswa.“Kalian akan mengalami hal-hal yang luar biasa. Nikmati masa-masa indah kalian dilapangan, masa dimana kalian akan membantu mendidik, mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. Yakinlah, kalian akan mendapatkan ilmu, pengalaman dan hal-hal baru. Semoga kalian sukses menjalani KKN," pungkas Bima. (Lulu-Reffi-Rahmat-Agus) editor Mor