Beranda >

Berita > Bima Pimpin Rakor Pembenahan Pasar Anyar


01 Agustus 2015

Bima Pimpin Rakor Pembenahan Pasar Anyar

Untuk menata kawasan pasar anyar yang lebih bersih, Walikota Bogor Bima Arya melakukan rapat koordinasi dengan jajaran PD Pasar Jaya di Ruang Kerja Walikota, Jumat (31/07). Hal ini dilakukan demi menciptakan kawasan Pasar Anyar yang nyaman untuk pedagang maupun pembeli.

Nantinya, PKL yang berjualan di trotoar akan dipindahkan ke dalam kios yang sudah disiapkan di areal pasar. "Perlu dilakukanya relokasi Pasar Anyar agar kawasan tersebut bersih dari PKL," kata Bima.

Untuk mendukung upaya tersebut dikeluarkan beberapa kebijakan yang dibuat untuk pedagang. Pertama, PKL diberikan bebas biaya sewa untuk 2 bulan pertama. Kedua, pedagang juga diberikan keringanan angka kredit yang sebelumnya sebesar 30% menjadi 10 %. Ketiga, pedagang juga diberikan perpanjangan masa kredit yang awalnya 5 tahun menjadi 7 tahun. Terakhir, pedagang yang sudah lama berjual sekitar 10 tahun di kawasan Pasar Anyar akan mendapay prioritas dibandingkan pedagang baru.

“Akan ada verifikasi ulang lamanya mereka berdagang di pasar dan dilakukan investigasi pedagang-pedagang yang bisa dimasukan ke dalam,“ ujar Syuhaeri, Direktur Umum PD PPJ. Ditambahkan Syuhaeri bahwa sampai saat ini sudah ada 38 pedagang yang sudah daftar ulang sejak beberapa hari ini. "Masih ada sekitar 610 Kios yang kosong dan 300 kios kosong diantaranya ada di blok A," jelasnya.

Selain itu membersihkan area Pasar Anyar, Walikota Bogor dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor akan segera merealisasikan taman di area Pasar Anyar, Jalan Nyi Raja Permas, demi menambah keindahan area pasar. (Cikal/Agus) dkw