Beranda >

Berita > Peringati Hari Kesaktian Pancasila, NKRI Harga Mati


01 Oktober 2015

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, NKRI Harga Mati

Hari Kesaktian Pancasila kembali diperingati pada Kamis (1/10/2015) di Plaza Balaikota Bogor. Upacara yang berlangsung hikmad dipimpin oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman selaku Inspektur Upacara. Usmar mengingatkan agar masyarakat tidak melupakan sejarah kelam bangsa. Selain rekonsiliasi, jangan lupa NKRI merupakan harga mati.

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Bogor mengangkat tema "Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila,”. Kapten Inf. Eka Purnama, S.IP. menjadi Komandan Upacara. Upacara diikuti oleh para pelajar, organisasi kepemudaan, KNPI, TNI dan Polri. Usai upacara, Usmar mengingatkan pentingnya memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

“Tentu semua Bangsa Indonesia sudah tahu ada sejarah. Sejarah yang mencatat bahwa bagaimana bangsa ini akan diporak porandakan. Baik itu oleh kekuatan luar maupun kekuatan yang muncul dari dalam dan begitu banyak korban,” ujar Usmar.

nkri2

Oleh karena itu, Usmar mengingatkan pentingnya upaya rekonsilasi Nasional namun tetap waspada. Masyarakat jangan lupa bahwa idiologi Bangsa Indonesia adalah Pancasila dan Dasar Negara Undang-Undang 1945. “Bahwa untuk mempersatukan kita ber-Bhineka Tunggal Ika dan yang jelas bahwa keseluruhan komponen itu adalah untuk mengikat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati,” tegas Usmar.

Usmar menyoroti maraknya pemberitaan terkait dengan perilaku yang kurang baik dan kecendrungan gaya hidup yang negatif. Generasi muda bangsa harus juga diselamatkan dari gaya hidup yang negatif. “Jadi banyak hal yang harus kita lakukan kaitan bagaimana kita memaknai Hari Kesaktian Pancasila ini secara universal secara menyeluruh dalam kontek, bahwa Pancasila adalah idiologi bangsa yang mungkin tidak bisa dirubah,” jelas Usmar. (Met/Gus) editor Dian