Beranda >

Berita > Bogor, Tuan Rumah Temu Pusaka Indonesia 2015


07 Oktober 2015

Bogor, Tuan Rumah Temu Pusaka Indonesia 2015

Sebagai salah satu kota yang masuk dalam jaringan kota pusaka, Bogor mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara Temu Pusaka Indonesia 2015 ke-11, yang akan berlangsung pada tanggal 9 -11 Oktober 2015. Konferensi pers jelang acara pun digelar pada Rabu (7/10) di ruang rapat Sekda kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman yang hadir, mengungkapkan dipilihnya Kota Bogor sebagai tuan rumah terkait masuknya Bogor sebagai satu dari sepuluh pilot project Kota Pusaka. "Penilaian dan penunjukan pun didasarkan  pada kemampuan Kota Bogor dalam mengidentifikasi dan memverifikasi benda-benda cagar budaya. Saat ini, kota Bogor telah memiliki Perwali No.17 Tahun 2015 tentang Kota Pusaka, sebagai payung hukum untuk memagari cagar-cagar budaya di Kota Bogor," kata Usmar.

Dengan digelarnya acara Temu Pusaka Indonesia 2015 ke-11 di Bogor, Usmar berharap Bogor menjadi lebih dikenal secara nasional maupun internasional. “Selain dapat memperkuat ikatan kota-kota pusaka Indonesia,  acara ini diharapkan dapat mereduksi konflik budaya dan penyerobotan benda-budaya cagar budaya,” harapnya.

Sementara itu, ketua panitia acara Suhartini Sekartjakrarini, menyebut TPI 2015 memfasilitasi para penggiat dalam melestarikan budaya tradisional  ditengah derasnya arus budaya asing yang masuk. “Acara akan dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, temu mitra pelestari pada Jum’at (9/10) di gedung Bakorwil. Ke dua, Temu Wicara tentang kebijakan nasional terkait pelestarian pusaka dan temu pakar pelestarian pada Sabtu (10/10) di Balaikota Bogor. Ke tiga, jelajah pusaka yang direncanakan akan menempuh kawasan-kawasan heritage di kota Bogor,” jelasnya.

Mendampingi Usmar dalam konferensi pers diantaranya Kepala Bappeda Kota Bogor, Suharto; Kabag Humas, Encep Moh. Ali Alhamidi; budayawan Sunda Kota Bogor, Kang Ace Sasmita dan perwakilan BPPI Pusat.(rahmat) editor ARW