Beranda >

Berita > Kota Bogor Sabet Juara Festival Kaulinan Urang Lembur


08 Oktober 2015

Kota Bogor Sabet Juara Festival Kaulinan Urang Lembur

Festival Kaulinan Urang Lembur se-Jawa Barat telah usai digelar. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini menobatkan Kota Bogor sebagai Juara Kaulinan Urang Lembur. Festival Kaulinan merupakan salah satu bentuk pelestarian kebudayaan sehingga bisa dikenal dan dicintai oleh generasi muda bangsa.

“Festival ini merupakan salah bentu pelestarian. Pelestarian bagaimana konsep pengembangan kaulinan urang lembur ini bisa dicintai oleh anak-anak. Selain ada lomba dan festival, harus diajarkan pendidikan secara non formal disejajarkan dengan volly, renang dan olahraga lainnya. Karena kaulinan urang lembur ini termasuk olahraga juga,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor Sahlan Rasyidi, Kamis (10/8/2015).

Sahlan menceritakan kegiatan yang diselenggarakan pada 6-7 Oktober 2015 pekan lalu ini merupakan serangkaian perlombaan yang dimulai dari level tingkat kota. Hingga berakhir pada tingkat provinsi. Delegasi Kota Bogor sudah menjadi kontestan yang diunggulkan sejak hari pertama digelar di Gedung Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB).

kaulinan 11

“Kemarin merupakan tindak lanjut dari tingkat kota, pemenang di tingkat kota akan dibawa ke tingkat Provinsi. Festival tersebut diikuti oleh 14 peserta se-Jawa Barat,” jelas Sahlan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini diselenggarakan di atas panggung. Bukan di lapangan. Dengan konsep baru ini seniman dan koreografer dituntut untuk mampu mengolah kaulinan urang lembur di atas panggung. “Peserta dibina oleh sanggar edas selama 2 minggu di bawah naungan Disbudpar,” ujar Sahlan.

Sahlan berharap agar ke depan, festival kaulinan menawarkan konsep yang baru agar tidak monoton. Sahlan berharap, Kota Bogor tetap dapat mempertahankan prestasi di bidang pelestarian budaya. (Aisyah/Sekar/lani) editor Dian