Beranda >

Berita > Bogor Senior Citizen Roadshow Ajak Lansia Terus Produktif


05 November 2015

Bogor Senior Citizen Roadshow Ajak Lansia Terus Produktif

Pada tahun 2020, diperkirakan jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia bisa mencapai 28,8 juta jiwa atau 11,34 persen dari jumlah keseluruhan. Hal tersebut melahirkan tantangan cara membangun generasi dan negeri yang sehat dengan segala potensinya. Untuk itu diperlukan berbagai upaya preventif dan promotif terhadap masyarakat sesuai siklus hidup dimulai dari kandungan, anak, remaja dan dewasa agar dapat mencapai usia lanjut yang tetap sehat dan aktif dan produktif.

Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerjasama PT Tiga Pilar Manajemen Indonesia (PT TPMI) menghelat acara Bogor Senior Citizen Roadshow and Healthy Funfest 2015. Acara sosialisasi yang diselenggarakan dalam rangka menuju lansia sehat dan produktif, merupakan jawaban atas ajakan WHO dan pemerintah pusat. Acara berlangsung selama dua hari, pada 5 - 6 November 2015 di Gedung Harmony Banquet Yasmin, Kota Bogor. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr. Rubaeah menyampaikan, lanjut usia adalah proses alami yang tidak bisa dihambat. "Yang penting kita tetap sehat, aktif dan produktif," ujarnya. 

Saat ini, lanjut Rubaeah, Indonesia termasuk 5 negara di dunia dengan jumlah lansia tertinggi. "Pada tahun 2010 lansia yang tercatat mencapai 18,1 juta jiwa (17,6 %) dan pada tahun 2014 mencapai18,8 juta jiwa. Pada tahun 2020, diprediksi jumlah lansia di Indonesia mencapai 28,8 juta jiwa," kata Rubaeah lagi. 

Menurutnya, sesuai UU Nomor 36/ Tahun 2009, pemerintah wajib menjaga kesehatan lansia agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi. "Untuk mengakomodir hal tersebut, Pemerintah Kota Bogor telah menyediakan sarana-sarana dan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kesehatan lansia, salah satunya melalui Pos Windu Lansia yang merupakan pilot project Kemenkes. Selain itu Pemerintah Kota Bogor menyediakan Puskesmas Ramah Lansia yang memudahkan para lansia dalam memperoleh layanan kesehatan tanpa harus lelah mengantri," papar Rubaeah.  

Tidak ketinggalan Rubaeah mengingatkan, sarana dan fasilitas yang telah disediakan tidak akan optimal tanpa adanya usaha dari para lansia dalam menjaga kesehatannya sendiri. "Mudahan-mudahan dengan sosialisasi ini, kita menjadi semakin tahu dan sadar untuk menjaga kesehatan dan aktivitas kita sampai usia senja," cetus Kadinkes tersebut. 

Sementara itu Ketua Panitia Febi Regina mengatakan, acara roadshow ini diawali dari Kota Bogor dilanjutkan di Jakarta, Bandung dan Surabaya. "Konsepnya menjalankan himbauan dari Pemkot tentang kota ramah lansia. Disamping itu kegiatan ini sebagai wadah dan jembatan bagi produk-produk kesehatan untuk para lansia dan keluarga," terang Febi.

Peningkatan jumlah lansia tiap tahunnya cukup tinggi sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan para lansia mendapat tips dan petunjuk agar tetap sehat dan produktif serta tidak pikun. "Dengan sinergitas pemerintah dan pihak swasta, harapannya dapat terwujud keluarga sehat dan produktif di Kota Bogor," lanjutnya. 

Acara Bogor Senior Citizen Roadshow and Healthy Funfest 2015 memadukan berbagai kegatan dari Pemkot dan swasta. Acara diramaikan dengan pameran, seminar, bazaar dan lomba talkshow. Acara melibatkan 100 lansia se Kota Bogor sebagai tamu undangan serta 55 stand produk kesehatan dan makanan. (rahmat/ismet) dkw