Beranda >

Berita > Antisipasi Banjir, Pemkot Bogor Fokus Pada Normalisasi Drainase


24 November 2015

Antisipasi Banjir, Pemkot Bogor Fokus Pada Normalisasi Drainase

Mengantisipasi agar banjir yang menimpa warga Cibuluh dan Cilueur tidak terulang kembali di tahun-tahun berikutnya, Pemerintah Kota Bogor memprioritaskan pembangunan sodetan di Cibuluh. Pembangunan sodetan itu sendiri menurut Walikota Bogor Bima Arya masih menemui kendala terutama dalam hal pembebasan tanahnya.  “Tetapi saya sudah instrusikan dinas terkait dan Sekda untuk melakukan percepatan karena sodetan itu penting sekali,” kata Bima. “Warga pun berharap demikian,” lanjutnya.

Yang juga sangat penting untuk dilakukan yaitu normalisasi drainase saluran air. Tahun depan Pemerintah Kota Bogor akan mengalokasikan anggaran dari DAK untuk beberapa titik yang darurat. “Untuk mencegah banjir dan pendangkalan tahun depan kami akan fokus ke normalisasi drainase se-Kota Bogor,” ujar Bima.

Sementara untuk menanggulangi korban bencana yang sifatnya darurat (emergency), Pemerintah Kota Bogor memobilisasi melalui posko-posko bencana. “Saya sudah menginstrusikan agar mendata semua yang darurat seperti kebutuhan kasur, baju, buku-buku dan lain-lain,” kata Bima.

Sedangkan yang berkaitan dengan fasilitas fisik, Bima menegaskan fasilitas umum menjadi prioritas utama dengan menggunakan anggaran dari APBD. Bahkan dirinya meminta proses pengajuan anggarannya dipercepat agar proses pembangunan fisiknya pun bisa dipercepat. (Tria/Lani)