Beranda >

Berita > Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia Tk. Kota Bogor, 500 Pohon Ditanam


28 November 2015

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia Tk. Kota Bogor, 500 Pohon Ditanam

Guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Tingkat Kota Bogor, Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor melakukan penanaman pohon sebanyak 500 pohon. Penanaman pohon dilakukan untuk mengendalikan erosi dan sedimen tangkapan air.

Penanaman pohon berlangsung di RPH Bubulak Kecamatan Bogor Barat Sabtu (28/11/2015). Lima ratus pohon yang ditanam terdiri dari pohon Mahoni, pohon tanjung dan aneka pohon buah-buahan.  Penanaman pohon dipimpin langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya. Secara simbolik, Bima melakukan pemencetan tombol sirene sebagai tanda dimulainya penanaman pohon secara serempak.

 Penanaman pohon diikuti oleh perwakilan dari seluruh SKPD di lingkungan pemerintah Kota Bogor, Organisasi Wanita di Kota Bogor, para pelajar, TNI, warga di sekitar Kelurahan Bogor Barat, hingga kalangan swasta. “Yang diperlukan sekarang adalah dua hal. Yang pertama konsistensi kita untuk tidak saja menanam atau merawat. Saya melihat beberapa titik gerakannya gebyar menanam pohon, tatapi pohonnya habis, kering kerontang, tidak diperhatikan,” ingat Bima. 

Lanjut Bima, konsistensi menanam dan memelihara memegang peranan penting untuk masa depan bumi yang lebih baik. Hari Menanam Pohon Indonesia Tingkat Kota Bogor pada tahun ini mengambil tema “ Ayo kerja, tanam, pelihara pohon untuk hidup yang lebih baik.“

pohon112

Kepala BPLH Kota Bogor Lilis Sukartini menjelaskan bahwa  “Kegiatan ini merupakan satu kegiatan yang dilakukan secara massal yang bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya bencana banjir atau longsor. Sebagai konservasi keaneka ragaman hayati, penyerapan karbon di atmospir untuk mencegah dampak perubahan iklim, mendukung membangun ketahanan pangan energi dan kesediaan air untuk kesejahteraan masyarakat,” pesan Lilis.

 Lilis juga menjelaskan bahwa pada tahun 2015 BPLH telah melaksanakan aksi penanaman pohon di hutan Kota, Sekolah, Kelurahan, Bantaran sungai serta pelubangan biofori dengan berkaloborasi dengan pihak swasta.  Selain menanam pohon, dalam kesempatan tersebut Bima Arya menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga perusahaan yang turut berkontribusi mendukung aksi penanaman pohon di Kota Bogor.

Mereka adalah PT. Goodyear Indonesia, PT. Nutrifood Indonesia dan PT. Daihatsu Astra Internasional. Selain menyerahkan penghargaan, Bima juga menyerahkan bibit pohon kepada PT. Ekalokasi Plaza dan perwakilan dari SMA Negeri 10. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Sekretaris Daerah Ade Sarip Hidayat, Rektor Universitas Pakuan Dr. Bibin Rukbini, dan Rektor Universitas Ibn Chaldun.(Gus) Editor Dian