Beranda >

Berita > Wagub Jabar Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Wilayah I


04 Februari 2016

Wagub Jabar Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Wilayah I

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengungkapkan melalui rapat koordinasi bisa diketahui problem yang dihadapi Kabupaten/ Kota dalam menanggulangi kemiskinan, minimal di BKPP Wilayah I. Hal itu diungkapkan Deddy usai memimpin Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Bale Seda BKPP Wilayah I Bogor, Kamis (4/2).

Kemiskinan di Kota Depok diakui Deddy sudah sangat rendah yaitu sekitar 2,2%. Kemudian untuk Kota Bogor agak lumayan sekitar 7,6% dan yang tertinggi di Kabupaten Cianjur yang mencapai 13%. “Nah ini ada apa?” tanya Deddy. “Apa karena ada pemberian uang kepada setiap RT sehingga tidak efektif untuk penanggulangan kemiskinan itu sendiri,” lanjutnya. Selain hal tersebut, pihaknya juga juga akan melihat infrastrukturnya seperti apa, termasuk mengambil alih kewenangan jalan Kabupaten di Cianjur Selatan ke Provinsi supaya bisa ditangani langsung dan dibuatkan akses jalan yang lebih bagus sehingga perekonomian bisa tumbuh.

kemiskinan5

Yang membuat Deddy kaget dengan adanya temuan di Sukabumi yang tingkat kemiskinannya sangat cepat menurun. Kemudian diindikasi ada desa-desa yang rawan pangan yang jumlahnya mencapai 600 desa di Jawa Barat. Jumlah itu equivalen dengan 600 jembatan desa yang rusak. “Untungnya di desa-desa itu sekarang ada dana desa bantuan dari pemerintah pusat yang besarnya mencapai 1 miliar rupiah pertahun. Dana itu kita harapkan dapat diarahkan untuk infrastruktur, baik jalan desa, irigasi dan termasuk jembatan desa yang kondisinya tidak memadai sehingga jika turun hujan masyarakat tidak ada akses untuk mengangkut barang dan lain sebagainya. Kalau kondisi itu tidak segera ditanggapi maka akan sulit untuk menurunkan angka kemiskinan,” beber Deddy.

Selanjutnya Deddy membandingkan kondisi Cianjur dengan Sukabumi yang menurutnya jauh sekali, padahal wilayahnya berbatasan. Dari perbedaan ini kita cari tahu kendalanya dimana sehingga kami betul-betul bisa memberi bantuan tepat sasaran. (Tria/Lani) ARW