Beranda >

Berita > Pastikan Jumlah Pasien DBD, Wakil Walikota Kunjungi RSUD


04 Februari 2016

Pastikan Jumlah Pasien DBD, Wakil Walikota Kunjungi RSUD

Untuk memastikan berapa banyak warga masyarakat Kota Bogor yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Kamis (4/2).

Didampingi Direktur RSUD dr. Dewi Basmalah, Usmar berkeliling dari satu ruangan perawatan ke ruang perawatan lainnya mengunjungi pasien DBD yang sedang dirawat. Bahkan Usmar pun menyapa satu persatu pasien dan menanyakan asal domisilinya.

Usmar mengungkapkan bahwa jumlah pasien DBD yang dirawat di RSUD cukup tinggi bahkan pernah mencapai angka diatas 100. Tetapi setelah diverifikasi, diindentifikasi domisili jumlah nya bergeser sekitar 20-30%. “Dan sekarang jumlah itu berubah lagi menjadi fifty-fifty. Kota setengahnya dan Kabupaten serta wilayah lain setengahnya,” ungkap Usmar. “Tetapi kami tetap mengantisipasi dan mencanangkan bahwa tidak boleh menolak pasien khususnya untuk pasien DBD,” lanjutnya.

dbd20

Begitupun untuk mengantisipasi kekurangan tempat tidur (bed) yang disebabkan melonjaknya jumlah pasien DBD yang tiba-tiba, Usmar menegaskan bahwa Direktur RSUD Dewi Basmalah berkoordinasi dengan Yonif 315 yang langsung mengirimkan bantuan tempat tidur cadangan.

Upaya antisipasi lainnya yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor, terutama untuk menekan potensi penyakit DBD, Usmar menugaskan Direktur RSUD untuk segera membuat report ke Dinas Kesehatan memetakan wilayah yang jumlah pasien DBD nya cukup banyak. “Jika sudah dipetakan kami akan turun langsung ke lapangan dan apabila dibutuhkan penanganan lebih lanjut yang melibatkan Dinas terkait kami akan langsung eksekusi,” tandasnya. (Tria/Lani) ARW