Beranda >

Berita > Bogor Bebersih Benahi Kawasan Surken


05 Februari 2016

Bogor Bebersih Benahi Kawasan Surken

Bogor (5/2/2016). Suryakencana merupakan wilayah yang bermayoritaskan warga tionghoa. Jalan yang akrab dikenal dengan sebutan surken ini merupakan salah satu jalan tertua di Kota Bogor. Lawang Surya Kancana yang berada persis di seberang gerbang utama Kebun Raya Bogor menjadi akses utama memasuki wilayah yang berujung di simpang Gang Aut ini. Wilayah ini didominasi bangunan tua walaupun di beberapa sudut sudah terlihat ruko dan rumah bergaya modern.                 

Banyaknya transaksi jual beli yang berlangsung setiap harinya mengakibatkan kondisi di Surken selalu hiruk pikuk. Mulai dari pedagang tradisonal di area sekitar Pasar Bogor sampai pedagang elektronik bisa ditemukan di jalan yang menjadi salah satu sentra peniagaan di Kota Bogor ini. Bahkan trotoar yang seharusnya merupakan wilayah pejalan kaki, banyak dipenuhi pedagang yang tidak pelak lagi ikut menyumbang sampah visual di sepanjang Jalan Surken ini.

Namun kondisi ini mulai menunjukkan perubahan. Sampah visual yang ada di lokasi, mulai dibersihkan. Aksi ini didukung langsung Walikota Bogor Bima Arya yang pada Kamis (4/2/2016) kemarin turun tangan ikut membersihkan sampah di Jalan Surken. Pembersihan jalan juga dibarengi penataan jalan. Trotoar di sebelah kiri jalan kini sudah dibangun menjadi lebih indah dan tertib. Telah tersedia tempat sampah dan kursi untuk duduk serta jalan yang cukup nyaman untuk pejalan kaki.

Perubahan tersebut sangat didukung oleh masyarakat sekitar. Seperti yang dikatakan oleh Hengki, salah satu pemilik toko plastik yang berjualan di lokasi tersebut. Hengki mengatakan bahwa dengan dibenahinya Jalan Surken, dia merasa lebih nyaman. Pejalan kaki pun banyak yang merasa senang dengan perubahan ini. Langkah perubahan ini terus berlangsung dengan dicanangkannya tahun 2016 sebagai tahun bebersih. (adisty/ dkw)