Beranda >

Berita > Pertokoan di Kawasan Suryakencana Dipercantik


05 Februari 2016

Pertokoan di Kawasan Suryakencana Dipercantik

BOGOR – Sejumlah pertokoan yang berada di Jalan Suryakencana Bogor kini tampil lebih menarik. Jika kita menyusuri jalan ini, kita akan melihat deretan rumah toko (ruko) yang berwarna-warni. Setiap toko yang berada di jalan ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada bangunan yang bercatkan warna biru, kuning, hingga warna pink. 

Sejumlah pemilik toko yang berada di jalan ini memang sengaja melakukan pengecatan ulang pada tokonya. Hal ini dilakukan untuk mendukung salah satu program Pemerintah Kota Bogor dalam menata dan mempercantik kawasan Suryakencana sebagai kawasan Kota Pusaka. 

Bangunan pertokoan di Jalan Suryakencana umumnya merupakan bangunan tua berarsitektur kolonial Belanda. Jika sebelumnya bangunan pertokoan di kawasan ini terkesan kurang terawat dan terpelihara. Sekarang kita bisa melihat sejumlah toko yang mempercantik Jalan Suryakencana ini. 

Hal tersebut disetujui sejumlah warga Bogor yang berpendapat bahwa Jalan Suryakencana saat ini jauh lebih bersih, indah, dan nyaman. “Jadi lebih rapi. Ga berantakan. Jadi lebih indah aja untuk dipandang,” kata Ridwan salah satu warga Bogor.

Saat ini memang baru beberapa bangunan toko di sekitar gerbang Lawang Suryakancana yang telah dilakukan pengecatan. Tapi kedepan, setiap toko yang ada di sepanjang jalan ini juga akan dipercantik. Sebagai warga Bogor mari dukung dan berpartisipasi untuk memelihara dan melestarikan kawasan Suryakencana sebagai warisan budaya. (fadhilah)