Beranda >

Berita > Bima : Perayaan Cap Go Meh Bukan Sekedar Ritual Kesenian


09 Februari 2016

Bima : Perayaan Cap Go Meh Bukan Sekedar Ritual Kesenian

Gelaran Bogor Street Festival dalam rangka perayaan Cap Go Meh yang rutin dilakukan kurang lebih 15 tahun belakangan ini, menurut Walikota Bogor Bima Arya bukan hanya ritual kesenian atau performance. “Namun saya memaknai hal itu lebih dalam lagi,” kata Bima dalam Dialog Interaktif bersama RRI Bogor bertempat di Vihara Dhanagun Suryakencana Kota Bogor, Selasa (9/2).

cap12

“Selalu ada local wisdom, nilai, dan filosofi yang sangat luhur yang diturunkan dari generasi ke generasi. Setiap ritual atau seremoni pasti ada hal yang melatarbelakangi,” ungkapnya. Hal itulah, sambung Bima, yang membuat suatu perayaan dapat bertahan lama. “Terlepas dari keyakinan dan agama, ini merupakan  nilai-nilai yang baik,” ujarnya.

Hanya, menurut Bima, tinggal bagaimana masyarakat khususnya warga Kota Bogor dapat menangkap pesan itu. “Ini merupakan tugas kita bersama untuk menyampaikannya. Disamping itu, momen seperti ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga keberagaman dan menguatkan kebersamaan,” tegasnya. (rahmat/agus) dkw