Beranda >

Berita > Bima : Kota Bogor Miliki Semangat Kebersamaan


09 Februari 2016

Bima : Kota Bogor Miliki Semangat Kebersamaan

Kota Bogor memiliki modal kebersamaan yang luar biasa. Demikian ungkap Walikota Bogor Bima Arya saat menjadi salah satu narasumber dalam Dialog Interaktif bersama RRI Bogor. Dialog mengambil setting di Vihara Dhanagun Suryakencana Kota Bogor, Selasa (9/2).

“Persoalan sensitivitas etnis berdasarkan pengamatan saya hampir tidak ada, namun yang ada hanya keinginan untuk lebih diperhatikan. Kita ingin identitas-identitas lokal dikembangkan dan diayomi,” jelas Bima.

Salah satu langkah yang diambil untuk melestarikan budaya ini seperti pembangunan Lawang Suryakancana sebagai landmark Kota Pusaka. Alun-alun empang atau kampong arab, dan kampung tradisional sunda di kawasan R3 direncanakan menjadi proyek selanjutnya. Saat ini untuk mewujudkan rencana tersebut, sudah mulai dilakukan penataan di kawasan R3. “Dengan ini diharapkan nantinya ketika orang mengunjungi Kota  Bogor akan mendapatkan titik-titik atau destinasi yang berbeda, disamping destinasi yang sudah lebih dulu ada dan eksis,” beber Bima.

Hidup secara damai dan  berdampingan menjadi nilai yang diutamakan Bima. Harapannya tidak lain agar orang yang datang ke Kota Bogor dapat melihat hal tersebut dan menyerap nilai kebersamaannya. “Keterpaduan kearifan lokal yang ada tidak hanya menghasilkan nilai dari segi pariwisata dan kesenian, namun hal yang terpenting dan utama adalah kebersamaan,” tegas Bima.

Sementara itu Ketua Panitia perayaan Cap Go Meh (CGM) Arifin himawan sepakat dengan pernyataan Bima. Menurutnya semangat gotong royong yang ada di Kota Bogor terasa sangat kuat. (rahmat/agus) dkw