Beranda >

Berita > Basolia Apresiasi Pembangunan Lawang Suryakancana


10 Februari 2016

Basolia Apresiasi Pembangunan Lawang Suryakancana

Sekretaris Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) Kota Bogor Arifin Himawan mengapresiasi Pemerintah Kota Bogor yang telah membangun Lawang Suryakancana. Hal itu diungkapkan Arifin usai mengikuti peresmian Lawang Suryakancana, Rabu (10/2).

Tanpa Lawang Suryakancana, menurutnya, bisa jadi 10 atau 20 tahun kedepan banyak orang orang yang tidak mengetahui wilayah itu  sebagai kawasan pecinan. “Jadi bangunan ini mengukuhkan dan mengingatkan adanya  komunitas Tionghoa yang hidup bersama-sama dengan masyarakat dari etnis lain,” katanya. Ia juga mendukung rencana  Walikota Bogor yang akan membuat kawasan Muara menjadi Kampung Arab dan R3 menjadi Kampung Sunda. “Saya pikir ini satu hal yang sangat baik dan sebagai warga tentunya saya sangat menyambut dan mengapresiasi,” lanjutnya.

lawang12_1

Pasca pembangunan Lawang Suryakancana, Arifin berharap adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga warisan sejarah ini. “Masyarakat disini mungkin sebagian besar sudah bukan warga asli Suryakancana, jadi kami harus mengajak mereka untuk memahami bahwa daerah ini punya sejarah tersendiri untuk Kota Bogor,” katanya.

Selebihnya Arifin berharap Lawang Suryakancana menjadi percontohan bagi para pemilik toko di sepanjang Jalan Suryakancana untuk membuat kawasan ini indah, bersih dan tertib. Layaknya kawasan pertokoan di Singapora atau pertokoan di daerah lain yang tertata dengan rapi. (Tria/Lani)