Beranda >

Berita > Kesbangpol Gelar Forum Konsultasi dan Komunikasi Politik


11 Februari 2016

Kesbangpol Gelar Forum Konsultasi dan Komunikasi Politik

Untuk menyamakan persepsi dalam mengawal pembangunan dan menjaga kondusifitas Kota Bogor, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor menggelar Forum Konsultasi dan Komunikasi Politik di Gedung Bale Seda Kancana BKPP Bogor, Kamis (11/2). Kegiatan dibuka Kepala Kantor Kesbangpol Kota Bogor Fordinan, mewakili Walikota Bogor yang berhalangan hadir.

Menurut Fordinan, kegiatan ini bertujuan agar Ormas dan LSM di Kota Bogor dapat memahami Undang-Undang No. 17 tahun 2013 tentang Kemasyarakatan. Dalam UU tersebut dijelaskan bagaimana tentang aturan main Ormas atau LSM ketika bergerak. “Mereka harus memahami tentang AD/ART. Yang jelas Undang-undang yang baru tentang Ormas ini berbeda dengan Undang-undang sebelumnya yaitu UU No. 8 tahun 1985,” terang Fordinan.

“Dulu ciri khasnya Pancasila, sekarang asasnya yang penting tidak bertentangan dengan Pancasila” kata Fordinan. “Dan mereka ini harus mempunyai akte pendirian dan lebih sempurna lagi mereka harus terdaftar di Kemenhumkan,” lanjutnya.

kesbangpol12

Kepala Seksi Pembinaan Politik Kesbangpol Kota Bogor Rustandi menambahkan, proses pembinaan kepada ormas dan LSM cukup panjang, terutama ketika Ormas dan LSM itu bermasalah. “Teguran pertama sampai tiga melalui lisan. Masih juga bermasalah maka pihaknya melayangkan teguran tertulis satu. Kemudian 30 hari berikutnya tertulis dua, begitu selanjutnya sampai tertulis tiga,” jelasnya. “Kalau masih juga bermasalah maka dibekukan sementara oleh Muspida. Jika masih tetap bermasalah juga maka pihaknya langsung mengajukan ke pengadilan, dan yang membubarkan ormas ini adalah pengadilan,” imbuhnya.

Rustandi menegaskan agar ormas harus paham etika, moral dan budaya karena mereka tampil atas kepentingan kelompok untuk berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga kelak masyarakat atau ormas itu bisa bergandengan tangan dengan pemerintah saling mengisi tentang pembangunan. “Peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi seperti bentrok dan lainnya diharapkan tidak terulang kembali,” harapnya.

Hadir sebagai narasumber Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra. R, SIK yang menyampaikan materi Ormas sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas Kota Bogor, dan Dandim 0606 Kota Bogor Letkol. Inf. Mohamad Albar, SE, dengan materi Tugas dan Tanggungjawab Ormas dalam menjaga keutuhan NKRI. (Tria/Lani).