Beranda >

Berita > E-Planning di Musrembang KecamatanTanah Sareal


11 Februari 2016

E-Planning di Musrembang KecamatanTanah Sareal

Perencanaan yang kurang baik bisa mengakibatkan pembangunan gagal. Itu sebabnya perencanaan pembangunan yang antara lain dibahas pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, menjadi penting diikuti. Hal itu diungkapkan Walikota Bogor, Bima Arya pada saat meresmikan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tanah Sareal di Kantor Kecamatan Tanah Sareal, Kamis (11/2).

Pada kesempatan itu Bima antara lain mengingatkan tentang skala prioritas pembangunan yang perlu mendapatkan dukungan semua pihak. "Saat ini kita sedang focus untuk pembenahan secara  serius yang terstruktur, sistematis dan masif,” kata Bima yang berharap semua elemen masyarakat bisa ikut berpartisipasi.

Tahun bebersih yang dicanangkan pada awal tahun menurutnya akan segera diaplikasikan melalui lomba kebersihan tingkat RT. "Penilaiannya akan mengadopsi penilaian adipura dan sejumlah hadiah telah menanti bagi para pemenang lomba kebersihan,” katanya seraya berharap setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor dapat menjadi orangtua asuh dalam pelaksanaan program kebersihan in . “Dengan semangat dan kolaborasi, insya Allah tidak ada yang tidak mungkin," lanjutnya.

planning1

Sementara itu menurut Camat Tanah Sareal, M.Taufik, musrenbang kali ini sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi E-planning. ”Ini mengikuti arahan dari Bappeda dengan menggunakan aplikasi E-planning,” katanya. Menurut Taufik, pada musrenbang kali ini peserta akan membahas kurang lebih 1.239 usulan kegiatan yang disampaikan dan terbagi dalam empat bidang sebagian diantaranya untuk bidang fisik 636 usulan kegiatan dan ekonomi 78.

Menyinggung penerapan E-Planning, Bima memandang langkah tersebut sebagai bentuk pengawasan. “Dengan menggunakan aplikasi ini semua pihak tidak hanya pemerintah, bisa mengetahui perencanaan pembangunan secara real time,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Tanah Sareal memperkenalkan portal yang berlamat http://rw13kentagor.blogspot.co.id yang dibuat warga RW.13 Kelurahan Kencana. Portal ini   berisi profil, transparansi anggaran dan program kegiatan Rw.13. (rahmat/agus).poto Adit