Beranda >

Berita > SMK Negeri 2 Kota Bogor Miliki TPS 3R


11 Februari 2016

SMK Negeri 2 Kota Bogor Miliki TPS 3R

Bogor – Tahun bebersih yang digencarkan Walikota Bogor nampaknya sampai juga ke sekolah-sekolah. Ini terlihat dari kunjungan Bima Arya ke SMK Negeri 2 Kota Bogor yang berada di Jalan Pangeran Sogiri Nomor 404, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara pada Kamis (11/2). Bima Arya ditemani Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Camat Bogor Utara dan Lurah Tanah Baru melihat TPS 3R yang dimiliki SMK Negeri 2.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kota Bogor Firdaus mengatakan, TPS 3R baru ada di tahun ini sesuai dengan visi misi sekolah yakni Pendidikan Berbasis Lingkungan. TPS 3R ini mengolah kurang lebih 15 Meter Kubik sampah setiap harinya yang didapat dari lingkungan sekolah dan warga sekitar. “Sampah kan banyak tapi tidak ada yang mengolahnya, makanya kami buat TPS 3R ini,” ujar Firdaus.

smk212

Sampah yang didapa, lanjut Firdaus, diolah menjadi pupuk cair, pupuk padat dan biogas. Biogas digunakan kembali untuk menghidupkan mesin pencacah sampah. Sehingga semua sampah bisa dimanfaatkan dengan baik. Termasuk sampah anorganik yang tidak bisa diurai, didaur ulang oleh para siswa. “Taman yang didepan itu, dipercantik dari barang bekas yang didaur ulang,” terangnya sambil menunjuk kearah taman.

Tak hanya sampai disitu, SMK Negeri 2 Kota Bogor juga sudah berencana menjadikan TPS 3R menjadi pendidikan agro wisata. Apalagi sekolahnya juga sudah memiliki pertanian berbasis IT yakni pengawasan terhadap  tanaman bisa dilakukan dari perangkat komputer tanpa perlu turun langsung. ”Kami juga punya sollar sel tapi tidak bisa diproduksi karena biaya hak patennya mahal. Kami harap Pemkot bisa memberikan bantuan dana,” pungkas Firdaus (fla poto agus)