Beranda >

Berita > Situ Gede Akan Dijadikan Destinasi Wisata


14 Februari 2016

Situ Gede Akan Dijadikan Destinasi Wisata

BOGOR – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Barat tahun 2016 digelar pada Sabtu (13/2) di Rumah Makan Saung Mekar. Pada Musrenbag tersebut membahas berbagai program terkait penataan kawasan di Kecamatan Bogor Barat.

Camat Bogor Barat R. Iwan Gumelar mengatakan, Kecamatan Bogor Barat mempunyai kawasan yang ke depan akan jadi unggulan daerah yakni Situ Gede. Situ Gede yang berada di Jalan Cifor, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, diproyeksikan untuk dijadikan kawasan destinasi wisata di Kota Bogor. Meski saat ini memang sudah dikelola secara lokal oleh masyarakat setempat, pendapatan yang diterima belumlah maksimal.

musremb2

Hal tersebut karena jalan menuju Situ Gede masih kecil dan dibeberapa titik kerap mengalami kemacetan. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sedang membuat kajian tentang pelebaran jalan sekaligus pembuatan jalan alternatif agar mengurai kemacetan. “Rencana penataan Situ Gede sudah masuk di Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) serta sudah banyak permintaan dari masyarakat juga karena bisa ikut mendongkrak ekonomi disekitar,” jelas Iwan.

Tak hanya membahas penataan Situ Gede, Musrenbang ini juga membahas penataan kawasan Bubulak yang merupakan jalan besar sekaligus terminal. Penataan kawasan bubulak akan juga diimbangi dengan penataan lingkungan sehingga pembangunan yang dilakukan berwawasan lingkungan. Selain itu, di Kecamatan Bogor Barat juga masih kekurangan sekolah negeri baik SMP maupun SMA. Hal ini juga turut dikaji agar bisa membuat sekolah baru di lahan milik Pemkot yang menjadi titik strategis. “Kalau kegiatan terdekat Kecamatan Bogor Barat sedang mempersiapkan lomba MTQ tingkat Kota Bogor,” pungkas Iwan (fla/agus)ARw