Beranda >

Berita > Perbaikan dan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan Terus Dilakukan Pemkot Bogor


27 Maret 2016

Perbaikan dan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan Terus Dilakukan Pemkot Bogor

Sejumlah ruang kelas Sekolah Dasar (SD) telah dibangun dan puluhan ruang kelas lainnya telah direvitalisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di tahun 2015 lalu. Ruang kelas SD yang telah dibangun ini yaitu di SD Negeri (SDN) Polisi 1, SDN Sindangrasa, SDN Tegallega, dan SDN Kedung Halang 5. 

Sementara sebanyak 74 ruang kelas juga telah direvitalisasi dengan konstruksi bertingkat untuk 15 SD. Ke 15 SD yang mendapatkan sentuhan revitalisasi ini meliputi SDN Pengadilan 5, SDN Kencana 3, SDN Situ Gede 1, SDN Situ Gede 2, SDN Situ Gede 3, SDN Batutulis 2, SDN Pamoyanan 3, SDN Mulyaharja 1, SDN Cibereum 1, SDN Bangka 3, SDN Cilendek 4, SDN Purbasari 3, SDN Ciparigi, SDN Pondok Rumput 2, dan SDN Kebon Pedes 3, SDN Cimanggu Kecil serta SDN Ciluar 2. Pembangunan dan revitalisasi ruang kelas serta revitalisasi sekolah-sekolah itu merupakan bagian dari program Pemkot Bogor di tahun 2015 dalam bidang pendidikan.

Selain kedua hal itu, Walikota Bogor Bima Arya dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2015 yang disampaikannya dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah, Kamis (24/03/16), Pemkot juga merestorasi Bangunan Cagar Budaya (BCB) pada SDN Empang 2.

"Selain revitalisasi gedung SD, Pemkot Bogor juga melakukan hal serupa 12 ruang kelas SMP serta merehabilitasi 7 ruang kelas SMP," kata Bima. Rehabilitasi terhadap 12 ruang kelas SMP ini tersebar di lima sekolah. Yaitu di SMPN 9, SMPN 10, SMPN 12, SMPN 17, dan SMPN 18. Sedangkan 7 ruang kelas yang direhabilitasi dilakukan di 4 sekolah. Yaitu di SMPN 8, SMPN 9, SMPN 12, dan SMPN 19.

Pemkot Bogor pun, lanjut Bima, telah merevitalisasi gedung SMA dan SMK. Diantaranya dengan membangun 13 ruang kelas baru untuk 4 SMA/SMK. Yaitu SMAN 7, SMAN 9, SMAN 10, dan SMKN 4. Untuk ruang kelas yang direnovasi, dilakukan Pemkot Bogor di SMAN 3 dengan merenovasi ruang laboratorium. Sementara di SMAN 6 renovasi ruang kelas, dan terakhir di SMKN 1 yang juga merenovasi ruang kelas.

"Masih di jenjang pendidikan menengah, Pemkot Bogor pun membangun ruang laboratorium untuk SMAN 2, revitalisasi gerbang dan pagar SMAN 7, pembangunan ruang apresiasi seni di SMAN 10, dan pembangunan mushola di SMKN 4 serta di SMAN 8," terang Bima.

Kegiatan pembangunan, revitalisasi, dan restorasi itu merupakan bagian dari pelaksanaan tujuh program Pemkot Bogor sepanjang tahun 2015 di bidang pendidikan. Keenam program lainnya di bidang pendidikan ini masing-masing adalah menyelenggarakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, program pendidikan menengah, program manajemen layanan pendidikan, program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta program pendidikan non formal. (Donni)