Beranda >

Berita > Peringati Hari Buruh, Pekerja Berdarmawisata


28 April 2016

Peringati Hari Buruh, Pekerja Berdarmawisata

Untuk memastikan peringatan hari buruh 1 Mei mendatang di Kota Bogor berlangsung aman, Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, Kamis (28/4) mengunjungi 2 perusahaan besar. Kedua perusahaan tersebut memiliki pekerja lebih dari 1.200 orang dengan produk yang berorientasi ekspor.

Menurut Usmar yang didamping Kepala Disnakersostrans, Anas S. Rasmana pada peringatan Hari Buruh nanti, para pekerja dua perusahaan itu akan mengisinya dengan berdarmawisata. Mereka juga akan mengikuti pelatihan komunikasi dan motivasi.  “Ini sangat luar biasa dan kami apresiasi program ini,” ujar Usmar.

Di samping itu Usmar menilai apa yang dilakukan dua perusahaan besar tersebut sudah baik. “Mereka seiring sejalan dengan program Pemerintah Kota Bogor,” lanjutnya seraya berharap perusahaan-perusahaan besar lain seperti Unilever dan Indofood bisa melakukan hal yang sama sesuai surat edaran yang dikeluarkan Disnakersostran Kota Bogor.

goodyear1

Sementara itu menurut Anas, Pemerintah Kota Bogor tidak melarang buruh melakukan unjuk rasa atau demo. Namun ia menilai cara-cara seperti itu cenderung buang energi dan misi yang disampaikan pun sangat sedikit. Akan lebih baik diselenggarakan dialog karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. “Bisa bicara soal pendidikan, kesehatan, perumahan atau pembentukan koperasi,” katanya.

“Untuk membicarakan hal tersebut, pertengahan Mei nanti kami akan kumpulkan pengurus di Puncak. Selama tiga hari mereka kami ajak berdiskusi sambil berekreasi,” ungkapnya. Anas berharap melalui program yang diberi nama Peningkatan Aksebilitas Buruh Dengan Pemerintah Dalam Rangka Tripartit, yang dibicarakan tidak hanya soal UMK yang melainkan juga nasib buruh di Kota Bogor. (Tria/Lani-Mor).