Beranda >

Berita > Petugas BPS Awali Sensus di Rumdin Walikota Bogor


01 Mei 2016

Petugas BPS Awali Sensus di Rumdin Walikota Bogor

Rumah Dinas Walikota Bogor di Jalan Pajajaran Bogor menjadi sasaran pertama petugas Badan Pusat Statistik (BPS) dalam melaksanakan pencacahan Sensus Ekonomi (SE). Sensus yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini dimulai hari Minggu (01/5).

Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Dedi Waluyadi yang memimpin langsung SE di Rumdin Walikota Bogor mengungkapkan kegiatan ini merupakan sensus yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. "Melalui kegiatan ini petugas sensus akan memotret potensi ekonomi bangsa Indonesia. Mulai pertanian, pertambangan, energi, konstruksi, industri, perdagangan, dan jasa," jelasnya.

Menurut Dedi pencacahan yang dilakukan petugas hari ini akan menjadi data akurat yang bermanfaat untuk perencanaan ekonomi di Kota Bogor. Selain memotret skala lapangan pekerjaan yang berbeda-beda, petugas juga akan memotret berdasarkan skala usaha dari mikro, kecil, menengah, dan besar. Dengan harapan usaha-usaha mikro yang merupakan potensi lokal dapat dibantu dengan kegiatan-kegiatan sentral.

sensus12

Masih menurut Dedi, yang paling penting dalam SE ini semua pihak yang terlibat jangan segan-segan memberikan informasi. “Kami mohon jangan menyembunyikan informasi tentang usahanya karena diketahui publik. Undang-Undang Statistik No. 16 tahun 1997 menjamin kerahasiaan setiap individu,” ujar Dedi.

Sedangkan mengenai waktu pelaksanaan SE, disebutkan Dedi terhitung mulai 1 Mei sampai 31 Mei 2016. Nantinya setiap petugas akan menyisir dari bangunan ke bangunan 2 blok sensus di wilayah yang konsentrasi dan 3 blok di wilayah yang tidak konsentrasi. “Wilayah konsentrasi itu wilayah yang banyak usahanya seperti Pasar Bogor, Botani Square dan lain-lain. Sedangkan yang tidak konsentrasi itu merupakan wilayah yang banyak rumah tinggalnya atau perumahan,” imbuhnya.

Setiap rumah atau bangunan yang sudah didatangi petugas, dijelaskan Dedi, selalu dipasangi atau ditempel stiker. Stiker ini menjadi bukti bahwa petugas sudah mendatangi dan melakukan pencacahan di rumah atau bangunan tersebut. (Tria/Doni/Lani/Adyt) dkw