Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Kaji Wacana Rerouting Angkot


03 Mei 2016

Pemkot Bogor Kaji Wacana Rerouting Angkot

Pemerintah Kota Bogor tengah melakukan kajian terhadap wacana rerouting trayek angkutan kota (angkot). Hingga saat ini opsi rerouting terus dimatangkan oleh Dinas terkait, yaitu Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor. Terdapat sekitar 13 trayek angkot yang akan di rerouting. Angkot-angkot yang akan di rerouting merupakan angkot yang mendapat dampak dari pemberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) di seputar Kebun Raya Bogor (KRB).  

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DLLAJ Kota Bogor Endang Suherman, Selasa (3/5/2016). Endang menjelaskan, mengenai rencana rerouting ini akan dilakukan dari bawah yaitu dengan mendengarkan masukan langsung dari para pengemudi angkotnya. DLLAJ, katanya, hanya berupaya memfasilitasi dan memberikan kajian-kajian atas masukan yang telah disampaikan para pengemudi.

“Tetapi, yang terpenting ada dua hal dari rerouting ini. Yaitu untuk mengurangi jumlah armada angkot di seputar KRB dan agar nantinya juga tidak bersinggungan dengan jalur transpakuan,” jelas Endang. Meski demikian, ia mengatakan jika para pengemudi angkot ini memberikan satu syarat jika rerouting ini akan dilaksanakan DLLAJ. Mereka meminta agar diizinkan untuk dilakukannya peremajaan armada angkotnya.

“Pertimbangannya karena rata-rata usia angkot mereka ini sudah di atas lima tahun. Selain itu, dengan unit mobil yang baru ini juga akan menarik masyarakat khususnya di wilayah pengembangan yang selama ini belum terlayani angkot,” pungkasnya. (Donni-eto)