Beranda >

Berita > DLLAJ Kota Bogor Lakukan Uji KIR 1500-an Kendaraan/Bulan


03 Mei 2016

DLLAJ Kota Bogor Lakukan Uji KIR 1500-an Kendaraan/Bulan

Dalam sebulan, bidang pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor mampu melayani Uji KIR sekitar 1.500 kendaraan. Uji KIR  dilakukan mulai dari angkutan kota (angkot), mobil barang, truk hingga bus. Namun pengujian lebih didominasi mobil barang bak terbuka. Demikian dijelaskan Anwar Sulaiman, Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor pada DLLAJ Kota Bogor, Selasa (3/5/2016).

“Kalau untuk kendaraan besar seperti truk dan bus di Kota Bogor ini sangat sedikit jumlahnya. Beda halnya dengan di wilayah Kabupaten Bogor yang memang wilayahnya lebih luas dan industrinya pun lebih banyak,” ungkap Anwar. Untuk melayani pengujian kendaraan tersebut, ujarnya, bidang pengujian memiliki tenaga atau jabatan fungsional sebanyak sembilan petugas. Rata-rata sekitar 70 kendaraan yang dapat dilayani/hari.

“Dengan waktu pelayanan yang kami berikan kepada para pemilik kendaraan mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi untuk pendaftarannya sampai pukul 14.00 WIB, karena untuk dua jam sisanya kami gunakan untuk melakukan pemeriksaan atau pengujian kendaraannya,” papar Anwar.

Pada hari Sabtu, pihaknya juga tetap melayani para pemilik kendaraan. Hanya saja, pelayanan hanya berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. “Tapi, kami berikan toleransi selama satu jam sampai pukul 13.00 WIB. Ini untuk memberikan waktu lebih kepada pemilik kendaraan,” pungkasnya. (Donni-eto)