Beranda >

Berita > Hari Pertama Libur Panjang, Volume Kendaraan Naik 32,23%


05 Mei 2016

Hari Pertama Libur Panjang, Volume Kendaraan Naik 32,23%

Memasuki libur panjang hari pertama, tercatat adanya kenaikan jumlah volume kendaraan yang memasuki Kota Bogor. Volume kendaraan mengalami kenaikan dari  11.419 kendaraan menjadi 15.098 atau naik sekitar 32,23%. Demikian data yang diperoleh dari Jasa Marga, Kamis (5/5/2016), per pukul 13.15 WIB. Data di atas merupakan data kendaraan yang memasuki gerbang Tol Jagorawi Bogor. Antrian di Gerbang Tol Bogor telah mencapai sekitar 10-15 kendaraan.

Sebaliknya, data volume kendaraan yang keluar dari Kota Bogor mengalami penurunan. Sejak Kamis pagi, tercatat 9.142 kendaraan yang keluar dari KOta Bogor. Angka ini mengalami penurunan sekitar 28,84% dari kondisi normal setiap harinya, atau sekitar 12.847 kendaraan.

Sementara itu, guna mengantisipasi adanya macet panjang akibat bertambahnya volume kendaraan di KOta Bogor, Walikota Bogor Bima Arya memantau langsung kondisi arus lalu lintas di Kota Bogor. Pemantauan dilalukan sejak Kamis pagi didampingi Kapolres Bogor Kota AKBP Andi Herindra.

lalinh11

Pemantauan berlangsung sejak Kamis pagi di depan Plaza Ekalokasari, Jalan Sukasari, Bogor Timur. Adanya pertambahan volume kendaraan menyebabkan ruas jalan di Kota Bogor, terutama Jalan Pajajaran yang menuju Tajur macet parah. Dari hasil pantauan juga diketahui, kendaraan yang memasuki Kota Bogor tidak hanya mengarah ke Kota Bogor, tetapi juga mengarah ke Sukabumi. Kendaraan yang mengarah ke Sukabumi masuk melalui tol Gadog atau melalui jalan alternatif Cipaku.

Antisipasi sudah dilakukan dengan mengerahkan seluruh petugas DLLAJ dan kepolisian di titik kemacetan. Selain itu, juga dilakukan rekayasa arus lalu lintas di Ekalokasari demi mengurai kemacetan. Selain itu pihak kepolisian juga sudah melakukan antispasi di hari libur panjang ini degan mengerahkan 760 personil untuk mengatur lalu lintas. (eto/poto Adit)