Beranda >

Berita > Ciptakan Kondisi Penduduk Tumbuh Seimbang, BPMKB Gelar Rakerda dan Pencanangan Kampung KB


18 Mei 2016

Ciptakan Kondisi Penduduk Tumbuh Seimbang, BPMKB Gelar Rakerda dan Pencanangan Kampung KB

Mengawali tahun 2016, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor melakukan evaluasi terhadap pencapaian program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) selama tahun 2015. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kinerja selama satu tahun, mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi, dan merumuskan strategi inovatif serta efektif.

Dalam rangkaian evaluasi itu juga, BPMKB Kota Bogor sekaligus menggelar rapat kerja daerah (rakerda) program KKBPK yang dirangkaikan dengan pencanangan Kampung KB di RW 11 Kampung Muara, Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Barat. Acara yang berlangsung Rabu (18/05/16), dibuka langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya dan turut disaksikan Ketua Tim Penggerak - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor Yane Ardian, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Barat Sugilar, dan Kepala BPMKB Kota Bogor Fetty Qondarsyah.

Evaluasi yang dilakukan diharapkan Kepala BPMKB Kota Bogor Fetty Qondarsyah dapat membuat program KKBPK tahun 2016 lebih terarah. Terutama dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga Indonesia yang berkualitas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009. "Kegiatan ini ditujukan untuk mensinergikan kembali visi misi, komitmen kebijakan, dan sinergitas pelaksanaan program KKBPK yang direalisasikan kedalam rencana kerja terhadap pencapaian program KKBPK tahun 2016," jelas Fetty.

Rakerda program KKBPK yang diselenggarakan di aula Kantor BPMKB, Jalan Ciwaringin, Bogor Tengah itu, diisi dengan materi yang meliputi kebijakan, strategi, dan evaluasi program KKBPK, program KB untuk mendukung penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kota Bogor serta Kampung KB.

"Pada kesempatan ini juga sekaligus dilaksanakan pencanangan Kampung KB di RW 11 Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Barat, sebagai tindak lanjut dari amanat Bapak Presiden RI Joko Widodo pada 29 September 2015 dan pencanangan Kampung KB di Kabupaten Cirebon pada 14 Januari 2016 lalu," papar Fetty.

Rakerda ini diikuti sebanyak 115 peserta yang terdiri dari berbagai unsur yang meliputi Kodim 0606/Kota Bogor, Kepala SKPD, para camat dan lurah, kepala Puskesmas, koordinator PLKB, Ketua TP PKK Kota Bogor, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Bogor, Ketua IBI Kota Bogor, dan Ketua Forum Pos KB. (Donni/Foto:Adit) dkw