Beranda >

Berita > Wujudkan Masyarakat Berkualitas, Kampung KB Diluncurkan


18 Mei 2016

Wujudkan Masyarakat Berkualitas, Kampung KB Diluncurkan

Guna mewujudkan masyarakat yang berkualitas, Pemerintah Kota Bogor membentuk Kampung KB. RW 11 Kampung Muara yang terletak di Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Barat, ditunjuk sebagai Kampung KB. RW 11 dipilih karena sesuai dengan kriteria yang diinginkan, yaitu banyak memiliki jumlah pra keluarga sejahtera, banyak memiliki jumlah keluarga miskin, berlokasi di bantaran kali dam rendahnya pencapaian KB.

Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Rina Widayanti menjelaskan, dibentuknya Kampung KB salah satunya bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas selain ini juga sesuai dengan amanat Presiden RI Joko Widodo. “Jadi, semua lintas instansi dan lintas sektor ikut mengintervensi di program Kampung KB ini,” kata Rina sebelum dimulainya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di aula Kantor BPMKB, Jalan Ciwaringin, Bogor Tengah, Rabu (18/5/2016).

muara5

Dipilihnya lokasi Kampung KB di RW 11 Kampung Muara, Kelurahan Pasir Jaya, Bogor Barat itu, menurut Rina, karena sesuai dengan kriterianya. Yaitu banyaknya jumlah Pra Keluarga Sejahtera, jumlah keluarga miskin yang juga banyak, dan wilayahnya yang berada di bantaran kali serta sedikitnya pencapaian KB. “Oleh karena itu, kita memilih RW 11 Kelurahan Pasir Jaya,” imbuhnya.

Selain pencanangan Kampung KB, masih kata Rina, pada kesempatan itu sekaligus juga dikukuhkannya kepengurusan Kampung KB di wilayah tersebut. Hal itu dengan maksud agar nantinya diikuti kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Kota Bogor. “Diharapkan dengan hadirnya Kampung KB ini untuk mempercepat akselerasi program KB. Karena, selama 10 tahun ke belakang program ini stagnan. Maka dengan adanya Kampung KB mudah-mudahan program ini dan program KB khususnya bisa meningkat,” tuturnya. (Donni/Foto:Adit-eto)