Beranda >

Berita > Jadi Pembicara Seminar di Unida, Usmar Promosikan Bogor Green Room


19 Mei 2016

Jadi Pembicara Seminar di Unida, Usmar Promosikan Bogor Green Room

Hadir menjadi salah satu pembicara pada seminar nasional yang diadakan FISIP Unida Bogor, Kamis (19/05/16), Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mempromosikan, sejumlah program yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor khususnya yang berkaitan dengan smart city. Salah satunya adalah keberadaan Bogor Green Room.

Bogor Green Room sebagai pusat pengendali informasi. Bahkan kejadian dan informasi apapun yang terdapat di Bogor Green Room bisa diakses langsung oleh walikota. Nantinya, semua stakeholder pemangku kepentingan di Kota Bogor pun bisa mendapatkan akses yang sama di Bogor Green Room seperti walikota. “Adanya Bogor Green Room yang sudah terintegrasi dengan fasilitas IT ini memudahkan kita di Pemkot Bogor dan bisa mengantisipasi cepat kejadian-kejadian yang terjadi di ruas jalan Kota Bogor, sehingga tidak perlu lagi walikota, wakil walikota, dan sekda turun ke bawah,” jelas Usmar.

unida2

Pada kesempatan itu, Usmar tak hanya menjelaskan secara detail fungsi dan maksud dari Bogor Green Room, namun juga program dan kebijakan Pemkot lainnya seperti pembangunan fisik beberapa taman kota hingga kebijakan pemberlakuan SSA di seputar KRB. “Jadi seluruh pergerakan di Kota Bogor bisa dipantau melalui gadget. Jadi sekalipun walikota sedang berada di luar kota, bisa mengintsruksikan dinas terkait untuk mengambil tindakan antisipasi atau penanganan,” terang Usmar seraya menambahkan diisinilah pentingnya peran teknologi informasi yang seiring sejalan dalam rangka mewujudkan smart city.

Lebih lanjut Usmar juga memaparkan terobosan lainnya yang telah diambil dan dilakukan Pemkot Bogor untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada warganya, yaitu perubahan secara masif mengenai pola arus transportasi di Kota Bogor yaitu penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di seputar Kebun Raya Bogor. “Ini sungguh luar biasa. Kalau kita tidak mampu mengaplikasi teknologi informasi yang ada maka tidak akan mungkin program SSA ini akan dengan mudah dalam proses sosialisasinya. Alhamdulillah SSA ini cukup diapresiasi oleh beberapa kota dan warga Kota Bogor sendiri,” tuturnya.

Walaupun kini setelah diberlakukannya SSA di seputar Kebun Raya Bogor itu jarak tempuhnya lebih jauh, tetapi kata Usmar, waktu tempuhnya justru menjadi lebih pendek. “Dan soal ini sudah diuji dan sangat ilmiah oleh Universitas Brawijaya yang telah melakukan penelitiannya. Ini semua sebagai upaya dari Pemkot Bogor memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar lebih nyaman lagi dalam melakukan mobilitas,” pungkasnya. (Donni/Foto:Adit-eto)