Beranda >

Berita > Diambil Sumpahnya, PNS Diingatkan untuk Melayani Bukan Dilayani


23 Mei 2016

Diambil Sumpahnya, PNS Diingatkan untuk Melayani Bukan Dilayani

Sebanyak 323 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor Tahun 2016 diambil sumpah atau janji-nya Senin (23/5/2016) di Gedung Kemuning Gading. Pengambilan sumpah atau janji dipimpin Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman yang diikuti seluruh PNS dengan lantang.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, sumpah ini mengandung tanggung jawab yang besar dihadapan negara dan juga Tuhan Yang Maha Esa. Sumpah janji ini memang sangat mudah diucapkan, namun, dalam perjalanannya melaksanakan sumpah janji PNS ini tidaklah mudah. “Setiap detik, menit, hari akan selalu ada godaan yang datang,” ujar Usmar.

Hal ini tentunya, lanjut Usmar, harus ada kebersamaan untuk saling mengingatkan tugas masing-masing sebagai aparatur negara. Kehadiran ratusan PNS yang sekarang ini sangat dibutuhkan masyarakat. Kepada 179 tenaga pendidikan harus fokus mengajar dan mendidik. 108 tenaga teknis strategis harus terus meningkatkan keterampilannya dan 36 tenaga medis harus siap melayani kesehatan masyarakat. “Maka dari itu, sumpah janji ini harus tertanam dalam sanubari PNS,” tegas Usmar.

Usmar menambahkan, PNS itu ditakdirkan untuk melayani masyarakat bukan dilayani, Sehingga harus menyiapkan energi sekuat-kuatnya dan semangatnya untuk melayani masyarakat. Maka jangan sampai PNS tergelincir dalam penyimpangan-penyimpangan yang tidak baik. “Kami juga akan turut membina untuk terus berada dalam kolidor yang benar,” pungkas Usmar.

Seluruh PNS yang diambil sumpahnya, didominasi oleh Tenaga Pendidik sebanyak 179 orang yang tersebar di SD, SMP dan SMA/SMK di Kota bogor. Selanjutnya 108 Tenaga Teknis Strategis dan 36 Tenaga Medis. Ada juga PNS yang berasal dari formasi tahun-tahun sebelumnya yang belum mengikuti pengambilan sumpah dan janji PNS. Untuk PNS Golongan I ada 24 orang, Golongan II sekitar 122 orang dan Golongan berjumlah 177 orang. (fla/poto agus,met-eto)