Beranda >

Berita > Distani Kota Bogor Kembali Gelar Gemar Ikan


24 Mei 2016

Distani Kota Bogor Kembali Gelar Gemar Ikan

Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor bekerjasama dengan Kementerian Perikanan (Kementan) Republik Indonesia menggelar acara Gerakan Makan (Gemar) Ikan Untuk Anak-anak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Duta Pakuan, Jalan Baranangsiang IV, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (24/5/2016). Tak hanya kegiatan Gemar Ikan, acara sekaligus dirangkai dengan lomba masak aneka ikan bagi Tim Penggerak PKK Tingkat Kota Bogor.

Kepala Bidang Perikanan pada Distani Kota Bogor Soni Gumilar mengatakan pemilihan lokasi didasarkan data yang ada bahwa tingkat komsumsi makan ikan di  Bogor Timur masih belum mencukupi. Sehingga dilakukan sosialisasi dan kampanye Gemar Ikan di SDN Duta Pakuan yang targetnya langsung kepada anak-anak dari kelas I sampai VI. "Target kami itu mencapai 35 persen sesuai dengan ketentuan provinsi dan sekarang masih di angka 26,4 persen," ujar Soni.

gemariikan2

Soni menuturkan, tak hanya kepada siswa, para ibu juga diajak untuk lebih gemar memasak ikan. Maka, dipilih perwakilan Tim Penggerak PKK dari enam kecamatan untuk beradu dalam lomba masak aneka menu ikan dengan bahan ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan cakalang. Ini juga sebagai salah satu upaya untuk mematahkan stigma di masyarakat jika memakan ikan bisa cacingan atau ribet karena duri. Apalagi ketersedian ikan di Kota Bogor juga melimpah dan harganya terjangkau. "Sudah saatnya masyarakat untuk memasak beragam menu ikan," lanjut Soni.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Duta Pakuan Gunawan mengatakan, acara ini sangat baik untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang perlunya memenuhi gizi dari protein ikan. Semua anak, tukas Gunawan, menyambut antusias kegiatan ini. Terlebih dengan adanya pembagian makanan olahan ikan dari Distani dan Kementan. Dengan lebih sering siswa memakan ikan diharapkan perkembangan fisik siswa jadi lebih bagus, dan keterampilan serta kecerdasannya semakin meningkat. "Harapannya, dari anak-anak ini bisa disampaikan kepada orangtuanya kalau di usia mereka sangat penting mengkonsumsi ikan," pungkas Gunawan. (fla/poto agus) dkw