Beranda >

Berita > Wakili Kota Bogor, Kel. Menteng Bersaing Menjadi Kelurahan Terbaik se-Jabar


25 Mei 2016

Wakili Kota Bogor, Kel. Menteng Bersaing Menjadi Kelurahan Terbaik se-Jabar

Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat mewakili Kota Bogor dalam Lomba Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016. Kel. Menteng akan dinilai dari tiga aspek, mulai dari aspek pemerintahan, aspek wilayah dan aspek kemasyarakatan. Terobosan yang sudah dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada warganya adalah memberikan layanan nomor telpon bebas pulsa.

Walikota Bogor Bima Arya secara langsung menyambut tim penilai dari Provinsi Jawa Barat. Saat menyambut tim penilai, Bima mengatakan, lomba ini pada hakikatnya adalah evaluasi kinerja dan  koordinasi yang intinya untuk  mengetahui sejauh mana aparatur diwilayah secara maksimal melayani warga.

Bima menyampaikan Kelurahan Menteng terpilih mewakili Kota Bogor karena memiliki sejumlah cacatan spesial. Salah satunya kemampuan aparatur wilayahnya dalam mendorong dan  memberdayakan warga dalam  mengaktifkan Dasa Wisma. “Dasa Wisma Kelurahan Menteng  merupakan Dasa Wisma yang pertama kali dilantik yang dalam perjalanannya memiliki peran cukup vital dalam mengidentifikasi persoalan," ungkap Bima.

menteng2

Selain itu, keunikan lainnya, Bima menjelaskan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, Kelurahan Menteng mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang disebut JAKOLAMAS kepanjangan dari Jalur Komunikasi Layanan Masyarakat. "Ada nomor telpon yang bebas bebas pulsa. Ini merupakan satu inisiatif yang luar biasa, bagi warga yang ingin menyampaikan keluhan dan laporan  dapat menghubungi nomor 08001401556," cetus Bima.

Bima berharap apa yang digagas Kelurahan Menteng tidak hanya meningkatkan kualitas tapi juga mampu menginspirasi wilayah lain. Bima menyadari pihaknya tidak mampu berjalan sendiri. “Kami membutuhkan kolaborasi aparat di wilayah dan juga warga. Semoga Kelurahan Menteng mendapatkan hasil maksimal," harap Bima.

Sementara itu Lurah Heru Sudewo Ketua LPM dan Ketua TP PKK Kelurahan Menteng secara bergiliran  menerangkan semua potensi dan sumber daya manusia yang ada di Kelurahan Menteng mulai pembangunan, perkembangan dan hasil pembangunan yang meliputi sarana prasarana hingga sumber daya manusianya.

Ketua Tim Penilai Apriandi  menyampaikan apresiasinya terhadap semua program kegiatan yang dipaparkan Lurah, Ketua LPM dan Ketua TP PKK Kelurahan Menteng. "Salah satunya ada program yang sejalan dengan program Provinsi Jawa Barat yaitu penanganan kekerasan terhadap ibu dan anak dimana PKK memiliki peran cukup signifikan sebagai leading sector-nya, saat ini sudah ada payung hukumnya," kata Ketua Tim Penilai Apriandi. (rahmat/agus-eto).