Beranda >

Berita > Kembangkan Potensi Anak Difabel Lewat Forked


30 Mei 2016

Kembangkan Potensi Anak Difabel Lewat Forked

Yayasan Difabel Action Indonesia (YDAI) membentuk Forum Keluarga Difabel (Forked) Kota Bogor. Forum ini sengaja dibentuk untuk para orangtua yang memiliki anak difabel untuk saling bersinergi dan memotivasi. Rencananya Forked ini akan diluncurkan bersamaan dengan kegiatan 'Bersama Mewujudkan Bogor Ramah Difabel' pada Selasa, 14 Juni 2016 mendatang dengan diketuai Istri Wakil Walikota Ika Cahyarika yang sangat mensupport anak difable. Hal ini disampaikan YDAI melalui audiensi dengan Wakil Walikota Usmar Hariman, Senin (30/5/2016) di Ruang Rapat II Balaikota Bogor, Jalan Juanda 10 Bogor.

Sekjen YDAI Isnurul Nayni mengatakan, Forked ini berada dibawah naungan YDAI sebagai forum berbagi pengalaman bersama para ortu yang memiliki anak difabel. Nantinya lewat Forked ini akan mengembangkan kemampuan berkarya dari anak difabel ataupun orangtua yang difabel. Salah satu caranya melalui pelatihan untuk menyamakan misi orangtua difabel dalam mendukung anaknya menguasai suatu bidang. "Bagaimana cara menggali potensinya dan mengendalikan emosi anak difabel demi mencapai target penguasaan bidang tersebut," ujar Isnurul.

disfable 1

Pembentukan Forked ini, lanjut Isnurul, terinspirasi dari lomba yang digelar YDAI. Disana terlihat peran orangtua bagi anak difabel menjadi penentu kemenangan sang anak. Sehingga diperlukan rangkulan dan dukungan besar orangtua sebagai faktor agar anak difabel dapat mandiri dan percaya diri. "Kalau orangtuanya minder berdampak pada anaknya pula dan punya anak difabel itu jangan malah ditelantarkan tetapi harus dibimbing," tegas Isnurul

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman sangat mengapresiasi forum ini. Menurutnya, pembinaan anak difable tidak hanya ada pada yayasan yang menanungi anak-anak difabel saja. Tetapi peran orangtua menjadi kata kunci utama dalam membina anak  difabel yang memang membutuhkan kebutuhan khusus. Mewujudkan hal tersebut harus adanya sebuah forum penguatan silahtutahmi dan komunikasi antar orangtua yang anaknya difabel. "Saya harap dengan adanya Forked akan semakin memudahkan pengembangan keahlian anak anak difabel di Kota Bogor," pungkas Usmar (fla-/poto lani-eto)