Beranda >

Berita > Sawala Scout Journalist Kembali Hadir


30 Mei 2016

Sawala Scout Journalist Kembali Hadir

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor kembali membentuk Satuan Kegiatan (Satgia) Jurnalistik Kwarcab Kota Bogor. Satgia ini diberi nama Sawala (Pembawa Pesan) Scout Journalist. Anggota Sawala Scout Journalist diisi perwakilan beberapa wartawan Kota Bogor yang tentunya mempunyai misi sejalan dengan pramuka. Mewujudkan tersebut, Kwarcab Pramuka Kota Bogor mengundang wartawan Kota Bogor untuk melakukan diskusi bersama Senin (30/5/2016) sore di Kantor Kwarcab Pramuka Kota Bogor.

Ancu Humas dan Publikasi Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ara Wiraswara mengatakan, Sawala Scout Journalist berfungsi sebagai pemberi informasi, hiburan, kontrol sosial dan pendidik masyarakat terkait kiprah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor. Hal ini diperlukan untuk menguatkan jurnalistik di Kota Bogor sekaligus mewadahi minat jurnalistik dari pramuka Penggalang, Penegak hingga Pandega. "Kami paham sekali dengan pentingnya jurnalis sehingga Sawala ini kembali dibentuk setelah sempat vakum beberapa tahun," ujar Ara.

Ara menuturkan, dengan Sawala Scout Jurnalist menjadi pintu masuk segala informasi baik dari pramuka ataupun bidang lainnya. Pembentukan karakter, pendidikan, pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan akan diterapkan pada seluruh anggota Sawala Scout Jurnalist. Sehingga komitmen dari anggota diperlukan, namun tanpa menggangu pekerjaan utamanya. "Tidak perlu terlalu sering di Sawala yang terpenting kontribusinya bisa terlihat," terang Ara. Untuk diketahui, Ketua Sawala Scout Journalits diketuai Sadam Zaenudin dengan para anggota dari wartawan dan perwakilan Kwarcab. (fla)