Beranda >

Berita > Bersama Ratusan Warga, Walikota Ikuti Istura 2016


31 Mei 2016

Bersama Ratusan Warga, Walikota Ikuti Istura 2016

Di hari terakhir pelaksanaan Istana Untuk Rakyat (Istura), Selasa (31/05/16) Walikota Bogor Bima Arya tampak bergabung bersama ratusan warga mengunjungi Istana Kepresidenan Bogor.

Bersama pengunjung yang berasal dari berbagai wilayah dan latar belakang, Bima tampak antusias mulai dari titik start keberangkatan di halaman Plaza Balaikota hingga berkeliling di area dalam istana. Sejak awal, dirinya tidak lepas dari rebutan warga yang ingin mengajaknya berfoto bersama. Tak hanya anak-anak dan pelajar, bahkan ibu-ibu pun berebut ingin berfoto dengan walikotanya. 

istana2

Didampingi staf dari pihak istana, Bima seperti warga lainnya terlihat serius menyimak pemaparan seputar sejarah Istana Bogor yang disampaikan oleh pemandu. Kendati pada kegiatan Istura kali ini pun pihak istana hanya memperbolehkan pengunjung untuk melihat-lihat di bagian luarnya saja. "Istana Bogor ini memiliki gedung utama yang biasa digunakan untuk kegiatan kepresidenan. Seperti di bangunan utama ini, Ruang Garuda yang sekaligus juga menjadi tempat beristirahat Bapak Presiden Joko Widodo saat ini. Juga untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan setingkat kepala negara," ungkap staf Istana Kepresidenan Bogor Endang Sumitra kepada Bima dan pengunjung.

Istana Bogor sendiri terdiri dari tiga bangunan utama. Yaitu Ruang Garuda dan masing-masing sayap kiri dan kanan. "Tapi seperti yang bapak ibu lihat saat ini, di sayap kiri bangunan ini sedang ada perbaikan fisik. Karena usianya yang telah ratusan tahun," jelas Endang.

Kegiatan Istura yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ini selain digelar dalam rangkaian acara menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) setiap tahunnya, juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat lebih dekat dan mengenal sejarah Istana Bogor.

Untuk pelaksanaan tahun ini sudah dimulai sejak 24 Mei lalu dan berakhir 31 Mei dengan jumlah pengunjung yang mencapai ribuan orang. Tak hanya warga lokal Kota Bogor, namun tak sedikit juga yang berasal dari luar Bogor dan bahkan luar negeri. (Donni/Ismet/Adit) dkw