Beranda >

Berita > Api PON Diinapkan Di Plaza Balaikota


26 Juni 2016

Api PON Diinapkan Di Plaza Balaikota

Pekan Olahraga Nasional (Pon) 2016 di Jawa Barat akan segera digelar Sabtu 17 September mendatang. Kota Bogor masuk kedalam daftar kota yang akan dilewati Kirab Api PON. Tidak hanya sekadar lewat, Kirab Api PON yang rencananya star dari GOR Pajajaran akan diinapkan semalam di Plaza Balaikota  Bogor.

Rencana tersebut disampaikan Anggota Kordinator Kirab Api PON Jabar 2016, Eha Solihat dalam audiensi dengan Walikota Bogor Kamis (23/6) di Balaikota. "Maksudnya, setelah obor sampai di Balaikota akan dimatikan semalaman,  baru esok paginya dinyalakan kembali dan dilanjut ke rute selanjutnya," ujar Eha

Menurut Eha, Kirab Api PON dimaksudkan untuk memberi kehangatan kepada masyarakat di kabupaten/kota se-Jawa Barat, sehingga karena itu kirab harus bisa disaksikan khalayak luas. Perjalanan awal Kirab Api dimulai di Balongan Indramayu pada Senin, 5 September mendatang dan kemudian akan dikirab  ke 26 Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat. Namun tidak di semua kota api PON diinapkan dan hanya 13 kabupaten/kota karena waktunya terbatas. "Nanti saat upacara peresmian PON Jabar di Bandung api di 27 kabupaten/kota akan serentak dinyalakan," jelas Eha

Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Bogor Adi novan mengatakan, alasan Kota Bogor menjadi salah satu dari 13 kota yang Kitab Apinya disemayamkan karena tidak ada satu cabang olahrga PON yang lokasi lombanya berlangsung di Kota Bogor. Meski begitu, Pemerintah Kota Bogor akan turut mensukseskan Kirab Api PON Jabar dengan persiapan matang. Mulai dari mensosialisasikan ke masyarakat hingga mengerahkan seluruh elemen yang ada untuk menyemarakan PON Jabar 2016 termasuk didalamnya mantan atlet yang membawa Kirab Api PON. "Ada sekitar enam mantan atlet yang dikerahkan untuk Kirab Api yang rutenya star di Gor Pajajaran, disemayamkan di Balaikota lalu dilanjut ke Tugu Kujang," tutur Adi.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya menyatakan,  ia akan  turut mendampingi atlet yang membawa Kirab Api PON. Hal ini sebagai bentuk dukungan Pemkot Bogor dalam gelaran akbar olahraga nasional itu. PON Jabar 2016 menjadi momentum semangat dan gairah positif sekaligus motivasi bagi atlet. "Jaraknya sekitar 2,5 Km dan saya tidak bisa mendampingi sampai akhir karena harus menerima Kirab Api yang dibawa atlet," pungkas Bima (fla/poto adit-mor)