Beranda >

Berita > Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Pemudik, DLLAJ Uji Petik Bus di Terminal Baranangsiang


28 Juni 2016

Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Pemudik, DLLAJ Uji Petik Bus di Terminal Baranangsiang

Terhitung mulai Selasa (28/06/16) hingga H+10 Lebaran mendatang, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor akan melakukan uji petik atau pemeriksaan kelaikan kendaraan di terminal bus Baranangsiang yang akan melayani musim arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Pemeriksaaan ini tidak hanya secara teknis pada kendaraan, namun termasuk juga kelengkapan dokumennya.

Uji petik seluruh armada bus itu, dijelaskan Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan pada DLLAJ Kota Bogor Anwar Sulaiman, dilakukan terhadap ratusan armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Dimana didominasi oleh armada bus besar AKAP yang tercatat berjumlah 526, dan seratusan lainnya armada bus kecil.

"Pemeriksaan terhadap armada bus ini untuk memastikan kelaikan jalannya, dan ini juga untuk kenyamanan dan keamanan. Ini tak hanya untuk awak bus, tapi demi para penumpang atau pemudiknya," jelas Anwar.

Pemeriksaan tersebut, Anwar menerangkan, untuk pemeriksaan teknis kendaraan sendiri mulai dari kondisi rem termasuk rem tangan, setir, lampu-lampu, kaca, kaca spion, hingga kedalaman kembangan ban. Tak cukup sampai disitu, DLLAJ juga memeriksa kelengkapan lainnya seperti kotak obat, alat pemadam api ringan (APAR), serta martil untuk pemukul kaca dalam keadaan darurat.

"Ini memang kegiatan rutin setiap tahun menjelang dan selama arus mudik Lebaran. Nantinya bagi kendaraan yang telah lolos pemeriksaan akan kita tempel stiker lolos uji petik dan sebagai armada mudik Lebaran," paparnya. (Donni) dkw