Beranda >

Berita > Bima Gandeng Unhan Berantas Geng Motor


29 Juni 2016

Bima Gandeng Unhan Berantas Geng Motor

Universitas Pertahanan resmi menandatangani kerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor Rabu (29/6). Kerjasama itu meliputi aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Unhan I Wayan Widhio  mengatakan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu cara mengatasi permasalahan yang ada. Untuk itu saat ini telah berlangsung pembelajaran Lima Nilai Bela Negara di SMP Se-Bogor Raya oleh mahasiswa Unhar.  Lima nilai tersebut terkait cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan benegara, menyakini pancasila sebagai lambang negara, rela berkorban setia pada bangsa negara dan memiliki kemampuan awal bela negara. “Untuk SMP sudah berjalan, sedangkan SMA dan SMK nya pada Juli mendatang dengan cara membuat lomba pidato dan karya tulis,” ujar Widhio.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, ada tiga hal yang membuat landasan pemikiran kerjasama ini luar biasa. Pertama adanya kolaborasi kerjasama dengan semua pihak termasuk Unhan. Kedua kaderisasi dan ketiga kontribusi yang masih sulit direalisasikan masyarakat. “Kedepan kita bisa merangcang lebih konkrit dalam mengedukasi nilai-nilai bangsa yang sifatnya penting. Apalagi Pemkot juga mempunyai sekolah karakter bagi anak SMA yang nantinya bisa dikolaborasikan,” jelasnya.

mouketahanan11

Bima berharap Program Bela Negara dapat menekan angka kenakalan remaja di kalangan pelajar. Terutama aksi kebrutalan geng motor yang sudah masuk ranah kriminal yang saat ini marak terjadi. Program ini pun dapat menambah rasa cinta pelajar kepada kotanya, sejalan dengan program pembangunan kultur masyarakat, Bogoh Ka Bogor. Dalam aspek penelitian, Pemkot bertumpu pada kajian sosial budaya masyarakat yang rentan terhadap konflik sosial keagamaan dan ekonomi di Kota Bogor. “Saya juga berharap kemitraan ini dapat dimanfaatkan PNS Pemkot Bogor yang ingin melanjutkan pendidikannya di Unhan sesuai dengan kebutuhan dinas melalui program beasiswa Unhar,” pungkas Bima

Kesepakatan kerjasama ini akan langsung ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama Antara Dinas Pendidikan dengan Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Unhan dalam program Bela Negara dengan sasaran SMP Negeri 20 unit,  SMP Swasta 101 unit dengan jumlah murid keseluruhan 46.950. Sedangkan SMA Negeri sejumlah 10 unit dan SMA Swasta 42 unit dengan jumlah murid 19.894. SMK Negeri 5 unit dan SMK Swasta 94 unit dengan jumlah murid 36.886 (fla/agus/ismet-mor)