Beranda >

Berita > Netty Buka "The Enchanting Handicraft of West Java"


23 Juli 2016

Netty Buka "The Enchanting Handicraft of West Java"

BALI - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat gelar Pameran "The Enchanting Handicraft of West Java" di Indonesia Tourism Information Center (ITIC), Kuta, Bali (22/7/16). Pameran diikuti sepuluh (10) Provinsi yang tergabung dalam forum Mitra Praja Utama (MPU) dari tanggal 22 - 24 Juli 2016.

Event ini dibuka oleh Netty Heryawan selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat. Turut hadir Ayu Prastika selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Giselawati Mizwar.

Pameran ini selain diharapkan dapat menjadi sarana pengenalan produk lokal unggulan Jawa Barat, juga dapat menumbuhkan minat kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik untuk berkunjung ke Jawa Barat yang memiliki potensi besar dibidang kerajinan dan ekonomi kreatif.

Prosesi pembukaan menjadi istimewa terutama tatkala diketengahkan sajian kesenian angklung yang dimainkan oleh beberapa pengurus Dekranasda, juga penampilan tari Merak yang menjadi tampilan ikonik Jawa Barat.

Gelaran produk unggulan yang dipamerkan merupakan aneka kerajinan khas dan terkenal dari 15 kabupaten/kota di Jawa Barat seperti kerajinan kulit, anyaman, batik, kerang, bordir, dan kayu. Selain itu juga ada perajin mandiri dari Yayasan Bordir, Titaz Handycraft, Batik Hasan, Aris Karisma Kulit Garut, dan Padaringan.

Diharapkan kolaborasi Dekranasda bersama MPU dapat meningkatkan kerjasama pembangunan antar daerah di berbagai bidang strategis terutama kerajinan dan ekonomi kreatif. 10 provinsi anggota MPU tersebut, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Banten dan Lampung.

Gelar pameran "The Enchanting Handicrafts of West Java" diharapkan  semakin mengukuhkan kerjasama antara Dekranasda Provinsi Jawa Barat dan Bali, mengingat di Bali hampir semua produk ekonomi kreatif menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat yang dapat diandalkan.

Pada kesempatan yang baik ini, Dekranasda Jawa Barat juga berkolaborasi dengan PB PON dalam menyosialisasikan event olahraga akbar empat (4) tahunan yang akan digelar di Jawa Barat pada September yang akan datang. PB PON  menerbitkan tiket untuk pertandingan cabang olahraga pada tanggal 23 Juli 2016 masih dalam rangkaian pameran tersebut. Kegiatan promosi ini jelas menjadi bagian penting dari upaya catur sukses PON terutama sukses ekonomi kerakyatan.( Dikutif Humas Bogor )