Beranda >

Berita > Cegah Penularan HIV, KPA Kota Bogor Gelar Pelatihan Konselor HIV AIDS


25 Juli 2016

Cegah Penularan HIV, KPA Kota Bogor Gelar Pelatihan Konselor HIV AIDS

Puluhan pemuda, kader kelurahan dan petugas lapangan ikuti pelatihan Konselor HIV AIDS yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Bogor selama 4 hari di Gedung Balai Diklat BKKBN Dinas Kesehatan Jl. Kesehatan Bogor, Senin (25/7/2016). Kegiatan yang dihadiri Sekretaris KPA Kota Bogor Iwan Suryawan dibuka dr. Edi Darma mewakili kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Menurut Edi, para peserta yang mengikuti pelatihan konselor HIV AIDS ini adalah mereka yang nantinya akan diterjunkan  ke masyarakat dalam program ketahanan keluarga. “Sekarang ini jumlahnya 26 orang dan secara bertahap kami memberikan pelatihan kepada perwakilan dari 68 kelurahan,” ujar Edi. “Saat ini Kota Bogor sudah memiliki tenaga konselor lebih dari 100 orang yang tersebar di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit, Komunitas, PKK, Karang Taruna dan organisasi masyarakat lainnya,” imbuhnya.

Edi menambahkan, upaya penanganan HIV AIDS sistemnya sudah ada, begitu pula sarana kesehatan dan tenaganya. Sekarang yang perlu dilakukan program pencegahan agar jangan sampai terjadi penularan HIV di masyarakat. Melalui konselor yang sudah terlatih inilah masyarakat bisa berkonsultasi atau sharing seputar HIV AIDS. “Konselor inilah yang akan mengembalikan mereka yang keluar jalur, seperti PSK tidak lagi menjadi PSK, homoseksual kembali menjadi laki-laki sejati dan lesbian kembali menjadi wanita benar,” jelas Edi.

Agar para konselor tersebut bisa melakukan hal-hal seperti yang diharapkan maka mereka harus dibekali ilmu. “Nah melalui pelatihan inilah kami berikan ilmu tersebut sehingga pada saat diterjunkan ke lapangan mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” tandas Edi. (Tria/Lani-eto)