Beranda >

Berita > BPBD Kota Bogor Gelar Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana


25 Juli 2016

BPBD Kota Bogor Gelar Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana

Guna memperbaiki penanganan bencana alam, Pemerintah Kota Bogor mengggelar Pelatihan Managemen Penanggulangan Bencana Tingkat Kota Bogor 2016. Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman akan penanganan bencana bagi aparatur di wilayah yang terencana dan terkoordinir dengan baik hingga penanganan pasca bencana.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Senin (25/7/2016), di Jalan Tumenggung Wiradireja Cimahpar Bogor. Ade  menegaskan, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab BPBD. Selain memberikan pemahaman dan merubah mindset para peserta, pelatihan juga digelar untuk melakukan evaluasi. “Sehingga kedepannya penanganan bencana akan lebih mantap dan dapat dirasakan masyarakat Kota Bogor,” harap Ade.

Ade menambahkan, selama ini kemiskinan berkaitan erat dengan bencana. Karenanya tanpa penanganan yang baik, tepat dan cepat akan memunculkan angka kemiskinan yang baru. ”Penanganan serius mutlak dibutuhkan, semoga ke depan BPBD Kota Bogor dapat meningkatkan kinerja dan ketangguhannya,” cetus Ade. Dalam kesempatan itu Ade menambahkan, ke depannya kegiatan serupa akan melibatkan para relawan, komunitas dan para pramuka.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Bogor Gandjar Gunawan menjelaskan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program BPBD. ”Sejak berdiri, ini pertama kami melaksanakan kegiatan ini. Dengan sosialisasi, edukasi dan penyuluhan, para aparatur wilayah mendapat gambaran penanggulangan bencana yang terpadu, terkoordinir dan terencana dengan baik,” jelas Gandjar.(rahmat/agus-eto)