Beranda >

Berita > Empat Kelurahan dan Sekolah di Bogor Jadi Pilot Project Kelurahan Tangguh Bencana dan Sekolah Aman B


25 Juli 2016

Empat Kelurahan dan Sekolah di Bogor Jadi Pilot Project Kelurahan Tangguh Bencana dan Sekolah Aman B

Dua kelurahan dan dua sekolah di Kota Bogor terpilih sebagai Pilot Project Kelurahan Tangguh Bencana dan Sekolah Aman Bencana. Dua kelurahan yang terpilih adalah Kelurahan Panaragan dan Pasir Jaya. sementara dua sekolah yang terpilih adalah SD Negeri Sempur Kaler dan salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Cipaku Bogor Selatan. Keempatnya terpilih untuk memberikan gambaran ideal perihal penanganan bencana di sekolah maupun di sekitar kelurahan.

Demikian dijelaskan Kepala BPBD Kota Bogor, Gandjar Gunawan saat mendampingi Sekda Kota Bogor Ade Sari Hidayat membuka Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana Kota Bogor Tahun 2016, Cimahpar Kota Bogor, Senin (25/7/2016).

“Kegiatan (pilot project) yang kita laksanakan adalah sosialisasi, edukasi dan penyuluhan agar warga paham terkait penanganan bencana yang terkoordinir dan terencana dengan baik,” ujar Gandjar. Gandjar memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana konsep penanggulangan bencana yang harus dilakukan di sekitar lingkungan sekolah dan kelurahan.

Lanjut Gandjar, untuk Sekolah Aman Bencana konsepnya adalah pemberian pemahaman bagi para pelaku pendidikan mulai siswa hingga guru paham penanganan bencana sehingga diharapkan semuanya memiliki kewaspadaan tinggi terhadap bencana di sekolah. ”Selain sosialisasi dan edukasi, kita juga sering gelar simulasi dalam hadapi bencana. Sehingga ketika bencana itu terjadi, harapannya mereka tidak panik dan paham mau bertindak apa,” tandas Gandjar.(rahmat/agus-eto)